Dark/Light Mode

Upacara Pemakaman Dipimpin Mensesneg

Mahfud MD Lepas Jenazah Tjahjo Kumolo Ke TMP Kalibata

Jumat, 1 Juli 2022 15:41 WIB
Almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo. (Foto:Istimewa)
Almarhum Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo. (Foto:Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta sekitar pukul 11.10 WIB, Jumat (1/7).

Politisi PDIP itu wafat setelah menjalani perawatan intensif di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, sejak Juni 2022.

Jenazah disemayamkan di Rumah Dinas Menteri PAN RB di Kompleks Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sejumlah pelayat tampak mendatangi rumah duka, di antaranya Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga : Jenazah Tjahjo Kumolo Akan Dimakamkan Di TMP Kalibata

Setelahnya, jenazah disalatkan di Masjid Quba, di Kompleks Kementerian PAN RB, Senayan. Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD yang juga MenPAN RB Ad Interim ini menjadi Inspektur Upacara pelepasan jenazah menuju pemakamkan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata untuk dikebumikan dengan upacara militer.

"Kami menginformasikan yang menjadi irup di kantor Kemenpan-RB adalah Menko Polhukam dan yang menjadi irup di TMP (Taman Makam Pahlawan Kalibata) ialah Menseneg," kata Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini dalam konferensi pers di Masjid Quba, Kemenpan-RB.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno (Mensesneg) akan memimpin upacara pemakaman jenazah Tjahjo Kumolo tersebut. Pratikno menggantikan Presiden Jokowi yang tengah melawat ke luar negeri.

Baca juga : Mahfud MD: Indonesia Pastikan Perlindungan HAM Berjalan Saat Pandemi

Rencananya, jenazah Tjahjo Kumulo bakal dimakamkan sekitar pukul 16.30 WIB. Upacara penghormatan terhadap jenazah Tjahjo bakal dilaksanakan di pintu depan.

Mahfud MD sebelumnya menyampaikan rasa duka yang mendalam atas wafatnya Tjahjo Kumolo, yang mengidap penyakit infeksi paru-paru.

"Inna lillah wa inna ilaihi raji’un," kata Mahfud MD saat menyampaikan pesan duka itu dari helikopter perjalanan Bandung-Jakarta bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Baca juga : Kasus Baru Dan Kematian Di Indonesia Jauh Lebih Rendah Dari Negara Lain

Menteri Pertahanan Republik Indonesia era almarhum Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) itu menyatakan, Tjahjo Kumolo adalah sosok yang sangat baik di mata dia. "Saya bersaksi bahwa almarhum orang yang baik," ujarnya.

Dia berdoa kepada Tuhan agar Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

"Semoga Allah memberikan surga-Nya," doa Mahfud. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.