Dark/Light Mode

Mantan Miss Asia Indonesia, Putri Khairunnisa, Terpilih Jadi Ketum KNPI

Jumat, 8 Juli 2022 17:28 WIB
Kongres KNPI Ke XVI, di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (8/7). (Foto: Bhayu Aji Prihartanto/Rakyat Merdeka)
Kongres KNPI Ke XVI, di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (8/7). (Foto: Bhayu Aji Prihartanto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putri Khairunnisa secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) pada lanjutan Kongres ke XVI, di Ancol, Jakarta Utara.

Setelah melalui serangkaian persidangan pleno, ketua sidang membacakan keputusan sidang, dengan menetapkan Khairunnisa sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) KNPI masa bhakti periode 2022-2025.

Sebelumnya, nama Nissa sempat masuk dalam bursa kandidat di Kongres XVI Maluku Utara. Nissa bersaing melawan Gibran Rakabuming Raka dan Haris Pratama Nissa.

Baca juga : Cegah Stunting, Obat Modern Asli Indonesia Dexa Group Jadi Mitra BKKBN

Nissa merupakan satu-satunya perempuan yang potensial bersaing ketat dengan tokoh pemuda lainnya. Namun, pencalon dirinya gagal lantaran pendaftaran Bakal Calon yang tidak dibuka oleh penyelenggara Kongres XVI Pemuda/KNPI di Maluku Utara.

"Pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum memang tidak dilakukan penjaringan secara terbuka. Bahkan pun terjadi pelanggaran-pelanggaran lain yang sistemik dan masif," ujar Panitia Penyelenggara, di hotel discovery Ancol Jakarta, Jumat (8/7).

Khairunnisa dinilai layak memimpin KNPI, sebab usianya sesuai dengan kriteria yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

Baca juga : Banteng Sabar Tunggu Titah Mega

Dalam pasal 1 ayat 1 bahwa Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun.

Dia juga masih masuk dalam kategori milenial yang syarat dengan berbagai prestasi dan seorang organisatoris dengan pengalaman berorganisasi yang mumpuni.

“Selamat ya Ketum, semoga dapat membawa keceriaan baru,” ujar Mufikriansyah, seorang pemuda yang mengaku sebagai partisipan Kongres. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.