Dewan Pers

Dark/Light Mode

Elektabilitas Capres Internal Rendah

Partainya Zul Sodorin Erick Dan Emil Ke KIB

Kamis, 14 Juli 2022 08:00 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mulai menawarkan nama calon presiden untuk dimusyawarahkan dalam koalisi.

Partai Amanat Nasional (PAN), misalnya. Selain menawarkan Ketua Umumnya, Zulkifli Hasan, kader-kadernya juga punya jagoan lain dari kalangan eksternal.

Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi membenarkan, ada dua tokoh eksternal yang disebut kader PAN di berbagai wilayah untuk diajukan sebagai capres-cawapres dalam KIB. Mereka adalah Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Berita Terkait : Ganjar Membuktikan Kinerjanya dan Merakyat

Sejauh ini, dua nama itu yang terdengar sebagai aspirasi kader PAN. Viva tak menutup kemungkinan, ada tokoh lain yang akan ditawarkan saat rembukan bareng partai KIB lainnya.

“Pada intinya, setiap ketua umum partai di KIB memiliki peluang untuk dicalonkan dari internal. Nanti akan ditentukan dan ditetapkan berdasarkan musyawarah mufakat, tidak voting,”kata Viva kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Ketua DPP PAN, Saleh Daulay menambahkan, partainya saat ini sedang menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) untuk menjaring tokoh capres-cawapres yang diusulkan kader. “Targetnya mencari calon dari bawah,” ucapnya.

Berita Terkait : Fasilitasi Bedah Rumahnya, Rohini Peluk Puan Sambil Nangis

Disebutkan, Rakerwil sudah berjalan 60 persen. Hasilnya akan dibawa untuk dikerucutkan ke Rapat Kerja Nasional (Rakernas). “Agustus kita Rakernas. Kita akan pilih beberapa nama yang paling populer dan akan dijadikan capres-cawapres versi PAN yang akan kita perjuangkan di KIB,” tuturnya.

Dikatakan, nama Erick Thohir belum menjadi pilihan final PAN. Sebab, di masa penjaringan tokoh, siapa pun bisa masuk. “Erick Thohir sah-sah saja untuk diusung PAN. Makanya Rakerwil ini penting menjaring nama-nama,” tuturnya.

Serupa dengan PAN, PPP juga tengah menyerap aspirasi daerah melalui forum Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil). Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi menyatakan, sejumlah nama tokoh diusulkan dalam Muskerwil sesuai daerahnya.
 Selanjutnya