Dark/Light Mode

Cak Imin: PKB-Gerindra Makin Mesra, Udah Janjian Daftar Ke KPU Tanggal 8 Agustus

Rabu, 3 Agustus 2022 14:13 WIB
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)
Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra terus menunjukkan kemesraannya, di perjalanan menuju Pilpres 2024. Bahkan, kedua partai ini sudah janjian mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilu 2024 pada Senin (8/8) mendatang.

"Insya Allah, pada tanggal 8 nanti, kita akan mendaftar sebagai partai politik peserta pemilu bersama Gerindra ke KPU," ujar Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kepada wartawan di sela deklarasi Gus Muhaimin sebagai capres oleh berbagai elemen masyarakat di Kota Ambon, Maluku, Rabu (3/8).

Cak Imin memaparkan, kedua partai terus melakukan berbagai pertemuan, untuk mematangkan koalisi dan membuat sejumlah program secara bersama-sama.

Baca juga : Hanura Pilih Tanggal Cantik Daftar Ke KPU

"Setelah mendaftar ke KPU bersama Gerindra, nanti akan ada beberapa event. Saya kira, masih ada waktu 1,5 tahun untuk mengajak semua partai-partai bersatu," tuturnya.

Soal posisi capres dan cawapres dalam koalisi dengan Gerindra, Gus Muhaimin mengatakan, hal tersebut akan dibicarakan lebih lanjut.

"Itu bagian teknis saja. Yang penting, ada tekad untuk secara bersama-sama memperbaiki Indonesia menjadi lebih baik," tuturnya.

Baca juga : PKP Merasa Dimudahkan Daftar Peserta Pemilu

Terkait kemungkinan parpol lain bergabung, Gus Muhaimin mengatakan, pihaknya masih terus membuka pintu koalisi. Mengingat tahapan pemilu masih cukup panjang.

 "Kita bisa membicarakan dan melibatkan partai-partai," katanya.

Ditanya mengenai restu Presiden Jokowi, Cak Imim mengatakan, sebagai presiden, Jokowi pasti memberikan restu kepada semua pasangan calon untuk maju.

Baca juga : Hanura Daftar Ke KPU Di Tanggal Cantik 8/8

"Pak Jokowi pasti mendukung semua calon. Presiden memang harus merestui semuanya," ungkapnya

Dukungan terhadap Cak Imin untuk maju sebagai capres terus bermunculan. Di Kota Ambon, Maluku, sejumlah elemen masyarakat - mulai dari kelompok milenial Ambon, abang-abang ojek online, hingga Perempuan NU - mendeklarasikan dukungan agar cicit salah satu pendiri NU KH Bisri Syansuri itu maju sebagai presiden.

"Saya sangat terharu, bersyukur dan bangga. Dukungan ini memberikan semangat bagi saya untuk bekerja lebih keras lagi, demi kemajuan bangsa. Dari Maluku, kita songsong Indonesia yang lebih adil, makmur dan sejahtera," katanya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.