Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Siap Lahir Batin Ikut Pemilu

Hanura Daftar Ke KPU Di Tanggal Cantik 8/8

Senin, 1 Agustus 2022 17:57 WIB
Wakil Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Benny Rhamdani saat konferensi pers Pemutakhiran Data Verifikasi Partai Hanura Pemilu 2024 di Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta, Senin (1/8). (Foto: Faqih Mubarok/RM)
Wakil Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Benny Rhamdani saat konferensi pers Pemutakhiran Data Verifikasi Partai Hanura Pemilu 2024 di Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta, Senin (1/8). (Foto: Faqih Mubarok/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Benny Rhamdani mengungkapkan, partainya telah melengkapi 100 persen syarat administrasi pendaftaran sebagai partai politik peserta Pemilu 2024.

"Tepat pukul 13.00 hari ini, Partai Hanura menyatakan 100 persen persyaratan administrasi telah terpenuhi," kata Benny saat konferensi pers Pemutakhiran Data Verifikasi Partai Hanura Pemilu 2024 di Hotel Manhattan, Kuningan, Jakarta, Senin (1/8).

Dikatakan Benny, DPP Partai Hanura telah membentuk tim pemberkasan verifikasi untuk mengahadapi Pemilu 2024 jauh-jauh hari. PIC atau perwakilan DPD Hanura se-Indonesia bahkan telah kumpul sejak 13 Juli di DPP mengkomunikasikan segela sesuatunya dengan tim verifikasi pusat. Tim Verifikasi Parpol Partai Hanura ini dipimpin langsung oleh politisi senior Djafar Badjeber.

Dipaparkan, berkas administrasi syarat Partai Hanura untuk Kartu Tanda Anggota (KTA) sudah melebihi aturan yang disyaratkan KPU.

Baca juga : Mega Waswas

"Sebenarnya, kami 269 ribu KTA sudah cukup. Tapi kami input KTA ke Sipol KPU sebanyak 274 ribu. KTA Hanura lebih dari syarat sebanyak 5.000 anggota," tuturnya.

Untuk kepengurusan DPD, juga sudah terpenuhi 100 persen. Yakni sebanyak 34 DPD. Sementara untuk DPC, sebenarnya, menurut aturan KPU cukup dengan 311 DPC. Namun Hanura telah menginput 514 DPC Kabupaten dan Kota.

"Juga untuk kepengurusan Kecamatan, 50 persen saja syaratnya. Minimal 3.620. Tapi Hanura sudah input 6.122 kepengurusan kecamatan. Sudah 86 persen. Kantor organisasi, keterangan domisili, nomor rekening sudah siap semua," paparnya.

Lantas kapan akan mendaftarkan diri ke KPU? Hanura, kata Benny telah menyiapkan tanggal cantik, yakni tanggal 8 Agustus mendatang. Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran calon peserta Pemilu 2024 dari tanggal 1 Agustus hingga 14 Agustus mendatang.

Baca juga : Hati-hatilah Kelola Utang Ya!

'DPP Hanura menetapkan, pendaftaran pada tanggal 8 Agustus 2022. Delapan, delapan, 2022. Angka baik dan cantik bagi Partai Hanura," ungkap Wakil Ketua Tim Verifikasi Partai Hanura ini.

Apakah ada prosesi khusus? Seperti partai lain yang sudah mendaftar di hari pertama? Benny menyebut, akan ada kejutan. "Nanti ada kejutan. Tunggu tanggal mainnya, tanggal 8 ya," ujarnya.

Dikatakan Benny, sebenarnya, saat ini pun Hanura sudah siap lahir batin mendaftarkan diti. Bahkan tak hanya verifikasi administrasi, sebagai partai non-parlemen yang harus kembali diverifikasi faktual, pihaknya juga telah siap 100 persen.

"Lahir batin kita siap jadi kontestan Pemilu 2024. Sejak dipimpin Ketua Umum, Bapak Oesman Sapta, semua kerja politik terkonsolidasi dengan baik dan terstruktur," tegasnya.

Baca juga : Lili Pintauli Mundur Dari Wakil Ketua KPK, Dewas Setop Sidang Etik

Benny pun berterima kasih kepada seluruh kader dan pengurus yang telah bekerja keras dan membuahkan hasil dalam verifikasi peserta Pemilu.

"Terima kasih, PAC, DPC, DPD, dan semua pihak. Kalian semua patriot tak kenal lelah, rela meninggalkan keluarga demi kejayaan Hanura," tandasnya.

Terkait Pilpres, kata Benny, Hanura menyerahkan semua keputusan kepada Ketua Umumnya, Oesman Sapta Odang (OSO). Karena, semua keputusan politik dukungan kepada calon capres-cawapres, termasuk keputusan koalisi partai, adalah hak prerogatif ketua umum.

"Yang jelas, Hanura mendukung calon pemimpin yang nasionalis, setia menjaga Pancasila dan UUD 45, dan yang mampu mewujudkan cita-cita bangsa," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.