Dark/Light Mode

Ace: Pidato Jokowi Dinilai Sudah Komprehensif

Selasa, 16 Juli 2019 14:28 WIB
Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily. (Foto: Istimewa).
Tim Kampanye Nasional (TKN) Ace Hasan Syadzily. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - TKN Jokowi-Ma’ruf menyebut pidato yang disampaikan Jokowi dalam acara ‘Visi Indonesia’ sudah dibahas secara komprehensif.  Jubir TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syazidly mengatakan, salah jika terdapat anggapan Jokowi tidak seriusatas tema yang dianggap penting namun tidak disinggung yakni soal penegakan HAM dan korupsi.  “Soal pemberantasan korupsi sesungguhnya secara im¬plisit telah disinggung dalam kaitannya dengan reformasi birokrasi,” kata Ace.

Dengan efisiensi tersebut maka tidak ada pungutan liar yang terjadi. Kemudian soal HAM, Ace jelaskan Jokowi telah berupaya memenuhi hak-hak dasar rakyat seperti ekonomi, pendidikan, dan budaya.“Penegakan HAM harus dilihat bukan hanya penindakan tetapi pemenuhan hak-hak dasar rakyat dan pemenuhan hak-hak Ecosoc (economic, social and culture right). Dalam pemenuhan hak-hak dasar ekonomi, sosial dan budaya, sebetulnya disinggung dengan jelas,” terang Ace.

Baca juga : Ketemu Prabowo, Jokowi: Tak Ada Cebong Dan Kampret Lagi

Senada dengan Ace, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko juga membantah Jokowi abai tentang isu HAM dan korupsi. Dalam pidato yang disampaikan Jokowi, dijelaskan Moeldoko, tidak harus dituliskan, misalnya saja soal korupsi dibahas dengan tidak boleh adanya penyalahgunaan APBN.

“Semua tidak dioleskan dalam kata-kata. Presiden mengatakan semua anggaran APBNharus dapat dipastikan, itu sebuah bentuk tidak ada penyimpangan-penyimpangan korupsi di situ. Itu cara memahaminya, saya pikir lebih luas,” katanya.

Baca juga : Tantangan Terberat Pemerintahan Jokowi Jilid Ke-2

Soal HAM, Moeldoko juga mengatakan perhatian Jokowi sangat besar. Dia memberikan contoh penanganan kasus Baiq Nuril yang saat ini mencari keadilan. Nuril menjadi terpi¬dana Undang-Undang ITE dan sedang meminta amnesti dari Presiden. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.