Dark/Light Mode

3 Ketum Daftar Bareng Ke KPU, KIB Siap Hadapi Pemilu

Rabu, 10 Agustus 2022 15:06 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa daftar bareng ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8) hari ini. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa daftar bareng ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024, Rabu (10/8) hari ini. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 Rabu (10/8) hari ini.

PAN mendaftarkan diri terlebih dahulu ke KPU, baru Partai Golkar, dan PPP. Setelah mendaftar, ketua umum dari ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) ini menyampaikan keterangan pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu (10/8).

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, menyebut partainya bersama Golkar dan PPP siap mengikuti penyelenggaran Pemilu 2024 mendatang.

"PAN, Golkar, dan PPP, kami sudah siap lahir batin untuk ikut pemilu dan menyukseskan pemilu, untuk menghasilkan pemimpin terbaik," kata Zulhas, sapaan akrabnya.

Baca juga : Sudah 18 Parpol Daftar Ke KPU, 10 Masuk Tahap Verifikasi Administrasi

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. "Kita bersama-sama lebih siap untuk mengikuti Pemilu ke depan," tegasnya. Lebih lanjut, Airlangga menyebut, kedatangannya bersama partai politik (parpol) di KIB ini mewujudkan rasa kebersamaan.

"Hari ini secara resmi, tiga partai, PAN, Golkar dan PPP yang masuk dalam koalisi KIB mendaftarkan bersama-sama," ujarnya.

Airlangga juga menyebutkan ketiga partai memiliki kepentingan yang sama dan solid hingga saat ini.

"Kami memiliki semangat yang sama untuk menyambut pesta demokrasi yang akan diselenggarakan dalam Pileg dan Pilpres 2024. Ini adalah Pemilu yang ke -13 yang dilaksanakan di Indonesia. Kami juga mendorong untuk pemilu yang dilaksanakan secara jurdil, demokratis dan tidak menggunakan isu-isu primodial yang akhirnya hanya memecah belah bangsa," ungkap Airlangga.

Baca juga : Pendaftaran Masuk Hari Ke-7, KPU Sebut Parpol Gembira

Airlangga mengatakan, KIB berkomitmen untuk menjaga stabilitas politik di tanah air. Sebab menurutnya, dengan stabilitas politik maka pembangunan dapat terus dilakukan.

"Oleh karenanya pemilu harus dilaksanakan sesuai jadwalnya yaitu di bulan Februari 2024," ujarnya.

Pendaftaran bersama tiga partai KIB tak hanya membuktikan bahwa KIB solid, tetapi sekaligus mengungkap harapan publik terkait semangat persatuan yang terus dikedepankan oleh KIB.

"Koalisi tiga partai ini diharapkan konsisten memperjuangkan politik kebangsaan dan politik gagasan, sekaligus menolak politik identitas," tandasnya.

Baca juga : Partai Berkarya Siap Ikut Serta Dalam Pemilu 2024

Diketahui, sudah ada 22 partai politik (parpol) yang mendaftar ke KPU hingga Rabu (10/8) siang. Sebelumnya, pada hari kedelapan pendaftaran, Partai Gerindra, PKB, dan Hanura mendaftarkan ke KPU pada Senin (8/8) pukul 15.30 WIB.

Terbaru, ada PSI, PAN, Golkar, dan PPP yang mendaftar ke KPU pada Rabu (10/8). Setelah dinyatakan lengkap, anggota KPU, Idham Holik, menyebut KPU bakal memulai melakukan verifikasi administrasi untuk ketiga parpol pada 9 Agustus-11 September 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.