Dark/Light Mode

Ketum FKLPDK Ziarah Ke Makam Habib Ali Di Solo

Selasa, 26 Juli 2022 23:14 WIB
Ketua Umum (Ketum) Forum Komunikasi Lintas Pendiri Deklarator dan Kader (FKLPDK) Subur Sembiring (batik biru) berziarah ke makam Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Riyadh, Solo, Selasa (26/7). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum (Ketum) Forum Komunikasi Lintas Pendiri Deklarator dan Kader (FKLPDK) Subur Sembiring (batik biru) berziarah ke makam Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Riyadh, Solo, Selasa (26/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) Forum Komunikasi Lintas Pendiri Deklarator dan Kader (FKLPDK), Pemangku Raja Muda Kerajaan Aceh di Tanah Karo, Subur Sembiring berziarah ke makam Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Riyadh, Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/7).

Subur, berziarah di tiga makam Habib di tempat itu. Yaitu, Habib Alwi bin Ali, Habib Ahmad bin Ali dan Habib Anis bin Alwi. Belajar dari tauladan dan perjuangan para Habaib, politisi Demokrat itu turut mendoakan agar Pemilu 2024 nanti terhindar dari polarisasi politik seperti saat dua Pemilu lalu. 

Baca juga : Gus Jazil Dan Muzani Ziarah Bareng Ke Makam Kiai Dimyati Rois

"Tentu kita berharap, agar bangsa ini menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, jangan sampai kembali terpecah belah," ujar Subur, kepada RM.id, Selasa (26/7).

Tidak sendirian, Subur didampingi Habib Muhammad bin Salim Asri dan Ratu Azia dari Timor-Timur. Ketiga tokoh ini, berziarah sekaligus mendoakan yang terbaik bagai bangsa ini.

Baca juga : Ketua KPU: Viryan Pekerja Keras Dan Gigih

Subur menceritakan, bangsa ini bisa belajar dari ketauladanan para Habaib. Misalnya, Habib Ali yang tidak hanya dikenal di Indonesia, juga di berbagai negara. Konon, setiap acara haulnya, juga diikuti peserta dari belahan dunia. Habib Ali ialah ulama pengarang Maulid Simtudduror yang berisi kisah Nabi Muhammad sejak lahir beserta kisah tentang akhlak nabi.

Maulid Simtudduror hingga kini masih dibacakan di berbagai negara. Habib Ali lahir dan wafat di Yaman. Tiga putranya datang ke Indonesia untuk melakukan dakwah, yakni Habib Muhammad, Habib Ahmad dan Habib Alwi. Namun salah satu putra Habib Ali, yakni Habib Muhammad pulang ke Yaman.

Baca juga : Forum Relawan Peringati Hari Kebangkitan Nasional Di Solo

Sedangkan Habib Ahmad dan Habib Alwi menetap di Indonesia untuk berdakwah hingga wafat. Habib Alwi lah yang pertama kali membangun Masjid Riyadh untuk berdakwah. Setelah meninggal, dakwahnya dilanjutkan putranya, Habib Anis kemudian kini cucunya, Habib Hasan.

"Tentu para Habaib mengajarkan dakwah keagamaan yang baik untuk bangsa dan dunia. Dengan kita menauladani sikap baik mereka, Insyaallah bangsa ini semakin baik dan bersatu," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.