Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Silaturahmi Politik Banteng Dimulai

Start Dari Paloh, Puan Cari Teman Sekubu

Senin, 22 Agustus 2022 07:39 WIB
Dari kiri: Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Instagram Puan)
Dari kiri: Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto: Instagram Puan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Puan Maharani akan memulai menjalankan tugas sucinya sebagai juru lobi koalisi banteng. Untuk start awal, putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu, akan menyambangi Ketum NasDem, Surya Paloh. Kedatangan Puan ke NasDem, sebagai pertanda dimulainya silaturahmi politik banteng dalam mencari teman sekubu.

Meskipun sudah memiliki boarding tiket untuk mengusung capres-cawapres, PDIP tidak mau bertarung sendiri di 2024. Banteng masih butuh parpol lain untuk diajak koalisi di Pilpres 2024. Dalam pencarian teman sekubu itu, Megawati sudah menunjuk beberapa kadernya sebagai juru lobi koalisi. Salah satunya, Puan.

Baca juga : Jokowi Tolak Politik Identitas, PKB Setuju

Untuk memulai tugasnya sebagai juru lobi, Puan memilih NasDem, partai yang saat ini digosipkan punya hubungan tidak baik dengan PDIP. Kabar PDIP akan silaturahmi dengan NasDem disampaikan langsung Puan, usai mengikuti acara jalan santai dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-77 RI di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. “Insya Allah, besok mau ketemu dengan Pak Surya Paloh,” kata Puan, kemarin.

Kenapa Paloh yang pertama dipilih? Kata Puan, Paloh sebagai tokoh politik senior dan sudah dianggap seperti orangtuanya sendiri. Karena alasan itu juga, ia yang akan mendatangi Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta. Ia berharap, pertemuan dengan Paloh ini berjalan baik dan lancar. "Tentu saja silaturahmi kekeluargaan ini untuk membangun Indonesia lebih baik,” ungkapnya.

Baca juga : Si Apeng Lebih Baik Dari Harun Masiku

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menjelaskan lebih rinci soal pertemuan Puan dengan Paloh. Kata dia, pertemuan akan digelar pukul 11 siang. Ia sendiri akan ikut menemani Puan. Selain Hasto, sejumlah pengurus teras PDIP juga akan ikut menemani, seperti Bendahara Umum Olly Dondokambey dan Ketua DPP Bambang Pacul.

Soal alasan NasDem sebagai parpol yang pertama dikunjungi PDIP, kata Hasto, karena faktor jarak. Menurutnya, markas NasDem di Gondangdia dengan kediaman Megawati di Teuku Umar, posisinya sangat berdekatan.

Baca juga : Buat Konten Digital, Hindari Plagiarisme Ya!

"Kebetulan kami sudah lama tidak bertemu. Dan, kantor Partai NasDem ini kan kantornya baru, kami belum pernah melakukan kunjungan ke sana,” kata Hasto.

Menurut Hasto, ada beberapa topik yang nanti akan dibahas dalam pertemuan dengan Paloh itu. Mulai dari upaya memberikan dukungan kepada pemerintahan Presiden Jokowi, hingga berbagai persoalan dunia seperti ancaman krisis ekonomi global, dan persiapan agenda forum  G20 yang akan digelar akhir tahun ini. "Dan juga terutama langkah-langkah konsolidasi menjelang Pilpres 2024," kata Hasto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.