Dark/Light Mode

Janji Pulang Besok

Si Apeng Lebih Baik Dari Harun Masiku

Minggu, 14 Agustus 2022 06:50 WIB
Surya Darmadi alias Apeng. (Foto: Istimewa).
Surya Darmadi alias Apeng. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Surya Darmadi alias Apeng, tersangka kasus korupsi penyerobotan lahan sawit seluas 37 ribu hektare di Riau, yang kabur ke Singapura, berjanji akan pulang besok. Apeng mengaku akan datang memenuhi panggilan pemeriksaan di Kejagung. Buronan KPK dan Kejagung ini lebih baik dari Harun Masiku.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejagung awal bulan ini, Apeng langsung jadi sorotan publik. Pasalnya kerugian negara akibat Bos Duta Palma Grup dan Darmex Grup itu sangat fantastis. Kejagung menyebut negara dirugikan sekitar Rp 78 triliun.

Baca juga : Pengamat: Tancap Gas Sampai Finish!

Si Apeng makin jadi sorotan lantaran kabur begitu akan diperiksa Kejagung. Apeng dikabarkan kabur ke Singapura. Jumat lalu, Kejagung pun mengirimkan surat permintaan cekal ke Imigrasi.

Di tengah pelariannya, Apeng memberikan kabar menggembirakan. Melalui kuasa hukumnya, Juniver Girsang, Apeng mengaku mengaku bakal memenuhi panggilan pemeriksaan yang dilayangkan Kejagung.

Baca juga : Jarang Dimainkan, Henderson Pilih Hijrah Dari MU

Juniver mengatakan, kliennya akan tiba di Indonesia pada Minggu (14/8). Ia memastikan, Surya bakal menghadiri pemeriksaan yang dilayangkan oleh tim penyidik Jampidsus pada Senin besok.

Menurut Juniver, kliennya selama ini berhalangan memenuhi panggilan penyidik lantaran sudah berusia lanjut dan tengah menjalani pengobatan di luar negeri. Juniver mengklaim kliennya telah berupaya untuk mempercepat proses pengobatannya demi menghormati proses hukum yang berlaku.

Baca juga : Si Apeng Jangan Seperti Eddy Tansil

Kata dia, Surya juga sudah bersurat kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin dan menyatakan kesiapannya untuk diperiksa oleh penyidik. “Karena itu kami mohon status cekal dicabut agar tidak terhalang masuk ke Indonesia untuk ikuti proses hukum,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.