Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Sandiaga Mau Nyapres

Pengamat: Tak Loyal Dengan Partainya Sendiri

Jumat, 2 September 2022 11:53 WIB
Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dikabarkan siap maju nyapres di Pemilu 2024. Pengamat Politik Arif Nurul Imam menilai, jika hal itu benar terjadi, maka Sandi tidak loyal dengan keputusan partai yang dinaunginya saat ini, yaitu Partai Gerindra.

Soalnya, Gerindra sudah final mencalonkan Ketua Umumnya, Prabowo Subianto sebagai capres di pemilu mendatang. Sandi selaku kader partai, menurut Arif, seharusnya menaati keputusan tersebut.

Baca juga : Waketum Gerindra Sugiono: Kalau Sandi Nekat Nyapres, Silakan Cari Partai Lain

"Sebagai kader Gerindra Sandiaga Uno, tentu seharusnya taat keputusan partai di mana Gerindra telah memutuskan akan mengusung Prabowo Subianto untuk maju dalam Pilpres," kata Arif, Jumat (2/9).

Menurut Arif, ketidakloyalan Sandi juga terlihat dari langkahnya mengumumkan kesiapannya nyapres saat menghadiri acara partai lain, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), di saat dirinya masih merupakan kader Gerindra.

Baca juga : Sandiaga Siap Nyapres, Relawan RSI Happy

"Artinya jika Sandiaga bersedia maju padahal merupakan kader Gerindra tentu ini sebuah bentuk ketidakloyalan dia pada partainya,” lanjutnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyatakan kesiapannya apabila diusung untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Dia menyampaikan itu saat ditanya awak media usai menghadiri acara silaturahmi bersama DPW PPP DI Yogyakarta, Selasa malam, 30 Agustus 2022. "Siap (maju Pilpres 2024)," kata Sandi.

Baca juga : Wakil Ketua MPR Tolak Penghapusan Ayat Tunjangan Profesi Guru

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan bahwa calon presiden dari Partai Gerindra hanya satu, yakni Prabowo.

“Jika ada kader Gerindra yang tidak ingin ikut rombongan kereta. Saya minta untuk turun sebelum kereta ini jalan,” imbau Muzani.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.