Dark/Light Mode

Sandi Siap Nyapres

Pengamat: Jangan Hanya Dianggap Melawan Kehendak Partai…

Jumat, 2 September 2022 15:09 WIB
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo urun pendapat soal kesiapan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra yang kini menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, untuk maju menjadi Calon Presiden 2024.

Wasisto bilang, sikap Sandi yang siap nyapres, jangan hanya dipandang melawan kehendak partai.

"Saya pikir, pernyataan Sandi lebih pada sikap opsional, seandainya dia memang sudah mendapat dukungan signifikan dari para pendukungnya," kata Wasisto, saat dihubungi RM.id, Jumat (2/9).

Menurutnya, Sandi tetap setia terhadap keputusan partai berlambang Garuda, yang mengusung Ketua Umum Partai Gerindra sebagai Capres.

Baca juga : Pengamat: Tak Loyal Dengan Partainya Sendiri

Seperti diketahui, dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Sentul International Convention Center, pada 12 Agustus lalu, Gerindra memutuskan memberikan tiket Capres kepada Prabowo. Serta mendeklarasikan koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Saya pikir, Sandi masih hormat kepada Prabowo sebagai ketua umum," tutur Wasisto.

"Adanya keberadaan relawan Sandi, menjadi bagian dari dinamika internal," imbuhnya.

Kabar tentang kesiapan Sandi menjadi Capres 2024, mencuat ketika dia bertemu dengan pimpinan dan tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Banguntapan, Kabupaten Bantul.

Baca juga : Airlangga Minta Pemda Kendalikan Laju Inflasi

Dalam pertemuan tersebut, Ketua PPP DIY Muhammad Yazid menyebut Sandi sebagai sosok ideal, untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. 

Mantan Wakil Gubernur DKI itu tak hanya dinilai memiliki kecakapan di bidang ekonomi, tetapi juga mempunyai karakter saleh.

Sandi pun memberikan isyarat yang cukup jelas, terhadap dukungan ini. "Siap," begitu katanya.

Dalam beberapa survei terkait Pilpres, elektabilitas Sandi memang cukup tinggi.

Baca juga : Sandiaga Siap Nyapres, Relawan RSI Happy

Hasil Musyawarah Rakyat (Musra) Jawa Barat pada 28 Agustus 2022, menempatkan Sandi dalam peringkat 2 Calon Presiden Harapan Rakyat dengan angka 16,92 persen dari total 5.721 peserta Musra. 

Di bawah Jokowi yang meraih angka 29,79 persen. Mengungguli Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto, yang masing-masing mendulang angka 16,10 persen dan 11,10 persen. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.