Dark/Light Mode

Dunsanak Jawa Barat Deklarasi Dukung Anies Nyapres

Minggu, 28 Agustus 2022 08:10 WIB
Deklarasi Dunsanak Anies Jabar di Hotel Savoy Homann, Bandung di Jabar, Sabtu (27/8). (Foto: Istimewa)
Deklarasi Dunsanak Anies Jabar di Hotel Savoy Homann, Bandung di Jabar, Sabtu (27/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan untuk pencalonan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden (Capres) 2024-2029 terus mengalir. Teranyar, Dunsanak Anies Jawa Barat, perkumpulan orang Minang mendeklarasikan dukungan dan siap berjuang memenangkan Anies pada Pilpres 2024.

"Kami siap berjuang memenangkan Anies Baswedan. Dari sejumlah capres, kami memandang Anies yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa saat ini," tandas Ketua Dunsanak Anies Jabar, Sahrial Kampai, di Hotel Savoy Homann, Bandung di Jabar, Sabtu (27/8).

Sebelum memutuskan mendukung Anies, Dunsanak menyeleksi sejumlah nama capres yang muncul. Dari delapan nama mengerucut menjadi empat. Dari empat mengerucut menjadi satu, yaitu Anies Baswedan.

Dunsanak menilai, Anies pantas memimpin Indonesia karena memiliki akhlak yang baik sekaligus ilmu yang tinggi. Selain itu, selama memimpin Jakarta, Anies terbukti mampu menunjukkan prestasinya.

Baca juga : Beringin Dukung, Tapi Kasih Syarat

"Anies juga sangat toleran. Dia memimpin dengan toleransi yang tinggi di Jakarta. Tanpa membeda-bedakan golongan," lanjutnya.

Ketua Dewan Pembina Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies), yang menanungi Dunsanak Anies, Sutrisno Muslim menyampaikan apresiasi yang tinggi pada Dunsanak Anies.

Dia berharap, bersama relawan lainnya di seluruh Indonesia, Dunsanak Anies bahu membahu berjuang memenangkan Anies. Sutrisno mengklaim, relawan pendukung Anies belakangan mulai tumbuh subur di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

"Ini sesuatu yang menggembirakan karena dukungan terhadap Anies terus mengalir dan membesar. Agar dukungan itu menjadi energi yang besar maka sesama elemen relawan harus saling bahu membahu, bekerja sama memenangkan Anies," tandas Sutrisno.

Baca juga : Mak Ganjar Jawa Barat Serukan Dukungan Ganjar Pranowo Presiden 2024

Diketahui, Anies menjadi nomor satu dari tiga capres usulan kader dalam Rakernas Partai Nasional Demokrat (NasDem). Selain NasDem, nama Anies juga disebut oleh sejumlah partai.

Terbaru, PAN yang tengah menggelar Rakernas di Istora Senayan, Jakarta, juga menyebut nama Anies sebagai salah satu capres yang menguat didukung kader. Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengungkap ada sejumlah nama yang didorong pengurus daerah.

Nomor satu yang menguat adalah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Selain itu ada Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Yang banyak disebut seluruh daerah, kabupaten kota dan provinsi itu ada namanya Ketum Bang Zulkifli Hasan nomor satu, ketum PAN, yang kedua ada pak Erick Thohir, ada Ganjar, ada Anies, ada RK, ada Khofifah," ujar Yandri di Ritz-Carlton, Jakarta, Sabtu (27/8).

Baca juga : Warga Pasuruan Deklarasikan Airlangga Hartarto Capres 2024

Nama-nama itu akan dibahas secara internal dalam Rakernas. Diakui Yandri, belum ada nama tunggal yang menguat. Keputusan siapa nama yang akan disebut, ada sepenuhnya di tangan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. "Mandat penuh kepada ketum untuk menentukan siapa capres dan cawapres PAN," ucapnya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.