Dark/Light Mode

Ikut Senam SICITA, Puan: Badan Dan Jiwa Kita Jadi Sehat

Minggu, 18 September 2022 19:02 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengikuti senam SICITA di Jawa Tengah/Ist
Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengikuti senam SICITA di Jawa Tengah/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR yang juga Ketua DPP PDIP Puan Maharani menghadiri final lomba Senam Cinta Tanah Air (SICITA) yang diselenggarakan DPD PDIP Jawa Tengah. Puan pun menginginkan perempuan Indonesia sehat jiwa dan raga.

Final lomba SICITA antar KomandanTe bintang dua se-Jawa Tengah diselenggarakan di Panti Marhen Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Semarang, Jawa Tengah, kemarin. Lomba ini memperebutkan Piala Puan Maharani.

Dalam puncak lomba SICITA ini, Puan ikut senam bersama peserta. Lomba yang dimulai sejak 4 September 2022 tersebut diikuti 100 ribu perempuan se-Jawa Tengah dan memperebutkan total hadiah Rp 717 juta.

Kegiatan SICITA diadakan untuk merekrut kader perempuan PDIP. Banteng ingin semakin banyak perempuan Indonesia yang terjun ke politik untuk membantu membangun bangsa dan negara. “Setuju apa nggak?” tanya Puan kepada peserta lomba, yang dijawab serentak ‘setuju’ oleh peserta lomba.

Perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR itu mengaku, baru kali ini melihat banyak perempuan di Kantor DPD PDIP selama dia bergabung dengan partai.

Puan pun sempat bertanya kepada panitia kegiatan, apakah benar tercapai target 100 ribu perempuan untuk mengikuti lomba SICITA.

“Ternyata benar tercapai, ini kata yang belakang saya bahkan lebih dari 100 ribu pesertanya. Lebih dari 100 ribu, dari kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah," ucapnya.

Baca juga : Mensos Berikan Bantuan Bagi Pasien Dan Disabilitas di Aceh

Adapun peserta lomba SICITA diikuti para perempuan yang berusia 17-45 tahun. Puan berharap, dengan adanya SICITA, masyarakat khususnya kaum perempuan, bisa menjaga pola hidup sehat.

“Ketika badan kita sehat, Insya Allah jiwa kita bisa kuat. Ketika badan kita sehat serta jiwa kuat, kita akan bisa membangun Indonesia menjadi berdaulat, dan berkepribadian,” sebut Puan.

“Itu mengapa PDIP menggalakkan SICITA agar dilaksanakan di seluruh Indonesia,” imbuh mantan Menko PMK itu.

Untuk diketahui, SICITA merupakan senam yang digagas jajaran PDIP bekerja sama dengan para akademisi bidang olahraga.

“Penelitiannya sudah ada, satu kali gerakan SICITA bisa membakar 1.000 kalori. Lagu-lagu yang digunakan dalam SICITA mencerminkan kekayaan budaya, serta semangat nasionalisme Indonesia,” terang Puan.

Cucu Proklamator RI Bung Karno itu pun mengucapkan selamat kepada para finalis dan pemenang Piala Puan Maharani Kompetisi Sicita.

Puan kembali mengingatkan kepada seluruh peserta dan jajaran PDIP di Jawa Tengah, melakukan SICITA dengan perasaan gembira.

Baca juga : Khawatir Nih, Pengangguran Dan Kriminalitas Naik

“Semangat SICITA untuk hidup sehat dan kegembiraan harus ditularkan ke seluruh rakyat Indonesia, keluarga kita, tetangga kita, teman-teman kita,” ungkapnya.

Puan meminta para kader PDIP menjadi kader pelopor kesehatan dengan menggunakan SICITA.

Para KomandanTe harus menggunakan Sicita untuk mengajak sebanyak-banyaknya orang agar bergabung dengan PDIP.

“Bergabung dalam perjuangan kita mewujudkan cita-cita ideologis Bung Karno. Tinggal cari lapangan, ada speaker, lalu bisa bersama-sama melakukan SICITA.  Sehat, menyenangkan dan terjalin keakraban,” papar Puan.

Menurutnya, para kader PDIP harus semakin sehat. Apalagi  jadwal tahapan Pemilu 2024 sudah semakin padat.

“Kalau mau menang hattrick, kita harus sehat, sehat, sehat. Agar bisa terus turun ke masyarakat, bisa terus bekerja membantu masyarakat, dan bergotong royong membangun Indonesia,” tegasnya.

Usai senam, Puan secara simbolik memberikan Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP kepada peserta lomba SICITA. Dia juga memanggil sejumlah perempuan untuk berdialog langsung dengannya.

Baca juga : Kunker Ke Danau Toba, Puan Didoakan Jadi Presiden

“Siapa Puan Maharani?” tanya Puan kepada perempuan peserta SICITA.

Ada yang menjawab Puan adalah Ketua DPR, ada juga yang menjawab Puan cucu Presiden Soekarno.

“Calon presiden,” demikian mayoritas perempuan yang ikut menjawab pertanyaan.

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto mengatakan, lomba SICITA digelar dalam rangka ‘Menang Spektakuler Tahun 2024’.

“PDIP melaksanakan lomba ini karena ingin membumikan SICITA, mewujudkan hidup sehat masyarakat Jawa Tengah, sekaligus menguatkan KomandanTe Bintang Dua,” jelas Bambang.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.