Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pilpres 2024

PDI Perjuangan: Ganjar Fokus Gubernur, Puan Simbol Utama Partai

Kamis, 13 Oktober 2022 14:41 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan hingga kini belum menentukan calon presiden (capres) 2024. Hanya saja, simbol Banteng kini diwakili oleh Puan Maharani, bukan Ganjar Pranowo. Ganjar masih diminta fokus menjadi Gubernur Jawa Tengah.

"Pak Ganjar itu fokus untuk menyelesaikan tugas-tugasnya menjadi Gubernur Jawa Tengah. Jadi, fokus ke situ. Semuanya berujung bagaimana kami mem-back up secara penuh," kata Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat, di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/10). 

Bagaiman dengan upaya relawan Ganjar Pranowo yang sejauh ini intens sosialisasi capres dengan dibungkus berbagai kegiatan di daerah-daerah, Djarot enggan menjawabnya.

Baca juga : Tokoh Muda Papua: Jangan Karena Kasus Enembe, Papua Terstigma Negatif

Djarot hanya mengatakan, PDI Perjuangan setia pada pemerintan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan kader dari partai dipimpin Megawati Soekarnoputri.

"Pak Jokowi adalah kader yang diusung PDI Perjuangan, kami setia di situ. Mereka turun ke bawah, semua kader turun ke bawah dalam rangka menjamin keberhasilan atau ketuntasan program Jokowi, terutama program strategis nasional," katanya.

Kendati demikian, Djarot tidak memungkiri kunjungan Ganjar ke Sulsel selain untuk kepentingan daerah Jawa Tengah, juga ada rangkaian safari politik untuk PDI Perjuangan.

Baca juga : Ganjar Dukung Kedaulatan Pangan Daerah

"Pak Ganjar itu ada dalam rangka safari politik. Tapi, lebih fokus ke kerja-kerja sebagai Gubernur Jawa Tengah, di Sulsel dalam rangka untuk (organisasi) Kagama sama Bank Jateng," ujarnya lagi.

Sedangkan Puan, memang telah ditugaskan untuk turun ke bawah. Karena kata Djarot, Puan adalah Ketua DPR yang tugasnya menyerap aspirasi masyarakat di bawah.

Ditanya soal banyaknya poster Puan Maharani terpampang dalam arena Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPW PDIP Sulsel di Hotel Claro Makassar, apakah menunjukkan sinyal PDI Perjuangan terkait capres mengerucut pada Puan? Ketua DPW PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri, Puan merupakan simbol partai.

Baca juga : Pj Gubernur Masuk Radar Partai Banteng

"Ibu Puan itu simbol kami DPP PDI Perjuangan. Bahwa Ibu Puan Ketua DPP partai, Ketua DPR. Menjadi kebanggaan kami, salah satu kader terbaik adalah Puan Maharani menjadi ketua DPP, perempuan pertama, itu adalah simbol dari partai kami," katanya kepada wartawan.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani memang telah membangun berbagai komunikasi politik dengan partai lain. Teranyar, Puan ketemu Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Sabtu (8/10). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.