Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadapi Verifikasi Administrasi

Bulan Bintang Siap Bantu KPU Uji Verifikasi Faktual

Rabu, 19 Oktober 2022 07:40 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBB, Solihin Pure. (Foto: Istimewa)
Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBB, Solihin Pure. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Bulan Bintang (PBB) bersyukur menjadi satu di antara 18 parpol yang dinyatakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) lolos verifikasi administrasi. Hasil ini, adalah buah keseriusan dan konsistensi partai untuk ikut Pemilu dengan persiapan yang matang.

“Ini sebuah prestasi yang sungguh sangat luar biasa. Sekaligus kita jadikan Bulan dan Bintang sebagai kompas penentu arah perjalanan demokrasi,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBB, Solihin Pure, kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Politisi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menceritakan, keseriusan PBB untuk ikut Pemilu 2024 adalah persiapan yang dilakukan sejak Tahun 2021. Tepatnya, ketika partai ini melakukan migrasi kartu tanda anggota elektronik (e-KTA), di situs siapbb.id.

Baca juga : Gugat KPU Ke Bawaslu, PRIMA Ogah Lempar Handuk

Nah, berbasis data di situs itulah, kemudian dipindahkan ke Sistim Informasi Partai Politik (Sipol) KPU. Artinya, PBB secara teknis sudah terbiasa menggunakan sistim digital, dan semakin jelas di daerah mana partainya perlu melakukan per­baikan kepengurusan.

Suksesi ini sudah terlihat ketika partainya bisa mendaf­tarkan diri di hari pertama pembukaan parpol calon kon­testan Pemilu 2024 oleh KPU. Artinya, tegasnya partai ini sudah optimis lolos sejak hari pertama pendaftaran.

Pria yang bertanggung jawab di urusan verifikasi ini mengamini, partainya perlu melakukan perbaikan verifikasi administrasi KPU. Begitu di­minta memperbaiki, partainya langsung melakukan perbaikan dengan kerja keras dan sungguh-sungguh.

Baca juga : Nggak Lolos Verifikasi Administrasi, Parsindo Gugat KPU Ke Bawaslu

Lolos verifikasi administrasi, kini PBB fokus menghadapi verifikasi faktual yang akan di­gelar 4 November 2022. Dalam prosesnya KPU akan melaku­kan verifikasi secara faktual ihwal kepengurusan, kantor, dan keanggotaan partai. “Mari kita bantu KPU sukseskan veri­kasi faktual. Insya Allah, PBB akan ditetapkan sebagai peserta Pemilu pada 14 Desember 2022 mendatang. Aamiin,” pung­kasnya.

Untuk diketahui, KPU menyatakan ada 18 parpol memenuhi syarat verifikasi administrasi Pemilu 2024. Keputusan itu tertuang dalam surat pengumuman nomor 9/PL.01.1-Pu/05/2022. Salinan surat itu telah dipublikasi di situs resmi KPU. Dari jumlah tersebut, PBB merupakan salah satunya.

Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi faktual dengan mengecek kepengurusan par­pol di 100 persen provinsi, 75 persen kabupaten/kot, dan 50 persen kecamatan yang ada di Indonesia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.