Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Yang Doain Jokowi Jadi Ketum Banteng Tidak Wakili Ganjar Dan Relawan

Kamis, 27 Oktober 2022 22:44 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Relawan Koalisi Aktivis dan Milenial Indonesia untuk Ganjar Pranowo (Kami-Ganjar) mendoakan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Ketua Umum PDIP pada tahun 2024. Kami-Ganjar menegaskan PDI Perjuangan bukan partai kerajaan sehingga Jokowi layak menduduki kursi Ketua Umum Banteng.

Menanggapi hal ini, relawan yang mengatasnamakan Teman Ganjar murka dengan pernyataan sesumbar Kami-Ganjar. Teman Ganjar menjelaskan, tindakan Kami-Ganjar bukan representasi sikap dari relawan Gubernur Jawa Tengah.

"Karena tindakan mereka adalah tindakan sepihak dengan mengatasnamakan relawan Ganjar Pranowo, dengan tujuan untuk membenturkan hubungan baik Presiden Jokowi dengan Ketua Umun PDIP Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Ketua Umum Teman Ganjar Rinto Wardana, dalam keterangannya, Kamis (27/10).

Baca juga : Terbang Ke Kaltim, Jokowi Dijadwalkan Tinjau Infrastruktur IKN Dan Bagikan Bansos

Menurut Rinto, di tengah persiapan menyambut pesta demokrasi Pilpres 2024, seharusnya para relawan tidak melakukan manuver yang berpotensi menyulut intrik, dan pertikaian di kalangan relawan dan partai.

"Tanggung jawab menjaga kondusivitas nasional adalah tanggung jawab kita bersama. Mekanisme demokrasi dan politik yang terjadi dan akan terjadi di internal PDI Perjuangan merupakan hak prerogatif mutlak Ketua Umum dalam menjaga kelangsungan kepemimpinan partai," tegasnya.

Hal serupa juga ditekankan Rinto kepada organ relawan yang mengatasnamakan Sahabat GP 2024, yang meminta KPK memeriksa kader PDI Perjuangan dalam kasus korupsi.

Baca juga : Dukung Inklusi Keuangan, Bank Mandiri Luncurkan Aplikasi Mandiri Agen

Jika oknum relawan ini memiliki bukti-bukti, dia berpesan, silakan bawa bukti tersebut ke KPK tanpa mengatasnamakan diri sebagai relawan. Karena tindakan ini mengakibatkan timbulnya antipati masyarakat kepada relawan Ganjar Pranowo yang dikesankan mencari-cari dan mengkriminalisasi orang lain, tanpa dasar hukum yang jelas.

Dia menilai, tindakan Kami-Ganjar dan Sahabat GP 2024 merupakan upaya provokasi. Melakukan adu domba dan membenturkan sesama relawan dan menimbulkan permusuhan di kalangan relawan-relawan.

"Untuk itu, kami memberi peringatan keras untuk menghentikan praktik politik kotor ini," tegad dia.

Baca juga : Ribuan Santri Dan Kyai Di Kabupaten Bandung Kompak Dukung Ganjar Presiden 2024

Diketahui, relawan Koalisi Aktivis dan Milenial Indonesia untuk Ganjar Pranowo (Kami-Ganjar) membuat pernyataan untuk mendukung Presiden Jokowi menjadi Ketua Umum PDIP. Gerakan ini pun diikuti dengan Tagar Trah Soekarno Tamat yang sontak trending di Twitter pada Rabu (26/10) malam. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.