Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cagub DKI Dari Banteng

Gibran Tak Keluar Dari Mulut Hasto

Sabtu, 24 September 2022 07:30 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara).
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto menyebut, nama-nama kader-kader PDIP yang layak jadi calon Gubernur DKI. Namun, dari sejumlah nama yang disebutkan Hasto tidak ada nama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Warganet pun bertanya-tanya kenapa nama putra sulung Presiden Jokowi itu tidak keluar dari mulut Hasto. Padahal, sebelumnya Gibran digadang-gadang bakal dimajuin di Ibukota.

Nama kader banteng yang dijagokan Hasto adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri PANRB Azwar Anas hingga Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (Hendi). "Ini kan kepala daerah-daerah yang muncul dari bawah," kata Hasto di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (22/9) lalu.

Menurut Hasto, partainya punya banyak stok kader yang bisa dipromosikan menjadi kepala daerah. Karena PDIP, sebutnya rutin melatih dan menggembleng banyak kader untuk memimpin daerah.

Baca juga : Riza Bisa Gandeng Gibran

"Sebagaimana hari ini kan kita melakukan upgrading," ucapnya, mencontohkan.

Seperti diketahui, ada sekitar 93 kepala daerah dari PDIP yang dikumpulkan di Sekolah Partai DPP PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (22/9) lalu. Konsolidasi kepala daerah gelombang pertama itu dipimpin langsung Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Kepala-kepala daerah berkumpul diingatkan skala prioritasnya.

"Hanya PDIP yang bisa mengumpulkan kepala daerah yang bisa jadi kader partai seperti ini," lanjut Hasto, yang kemudian mengaku tak ber­maksud menyombongkan diri.

Baca juga : WNI Di Karachi Tampung 40 Keluarga Korban Banjir Pakistan

Menurutnya, konsolidasi semacam itu dilakukan PDIP untuk menggunakan kepercayaan rakyat dengan baik. “Bukan bermaksud sombong, tapi inilah kepercayaan rakyat yang harus digunakan dengan sebaik-baiknya," terangnya.

Soal calon Gubernur DKI akan dipilih Ketumnya, Hasto menegaskan akan sangat tergantung pada kebutuhan rakyat. "Gubernur DKI yang tentuin rakyat karena harus dipilih rakyat," imbuhnya.

Sebelumnya, nama Gibran kerap muncul dalam bursa Cagub DKI. Dalam pertemuannya dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto pertengahan Juni lalu, ia juga diberi pilihan: maju di Pilgub Jateng atau Jakarta.

Baca juga : Penumpang Girang, Tak Khawatir Pulang Malam

Wali Kota Solo ini juga mengaku mendapat wejangan yang sama ketika bertemu Ketumnya yakni Megawati dan seniornya Puan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.