Dark/Light Mode

Golkar Sumut dan Aceh Bulatkan Dukungan Untuk Airlangga

Senin, 29 Juli 2019 18:53 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (keempat kanan) menerima berkas dukungan dari Plt Ketua DPD Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tandjung (ketiga kiri) disaksikan pengurus partai, dalam acara deklarasi dukungan menjadi Ketua Umum periode 2019-2024, di Medan, Sumatera Utara, Senin (29/7). (Foto: Antara)
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (keempat kanan) menerima berkas dukungan dari Plt Ketua DPD Golkar Sumut Ahmad Doli Kurnia Tandjung (ketiga kiri) disaksikan pengurus partai, dalam acara deklarasi dukungan menjadi Ketua Umum periode 2019-2024, di Medan, Sumatera Utara, Senin (29/7). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seluruh pengurus Golkar di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh mendukung penuh pencalonan Airlangga Hartarto menjadi Ketua Umum Golkar periofe 2019-2024.

Dukungan yang disampaikan dalam deklarasi yang digelar di Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman, Medan, Senin (29/7) itu, diklaim telah menaikkan persentase sokongan untuk Airlangga, hingga 87 persen.

Dukungan itu disampaikan Golkar Sumut, mewakili kepentingan 34 suara dalam Musyawarah Nasional (Munas) Desember mendatang. Sedangkan Aceh, mewakili 24 suara. 

Baca juga : Kolam Susu dan Surga Pangan Bernama Indonesia

Dalam deklarasi itu, satu per satu Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar tingkat kabupaten dan kota menyerahkan dukungan tertulis kepada Airlangga. Demikian juga DPD Golkar tingkat provinsi.

Saat menerima dukungan tersebut, Airlangga didampingi Wakil Ketua Dewan Penasihat Golkar Akbar Tandjung, Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono, dan Wakil Ketua Dewan Pembina Golkar Fahmi Idris.

Terkait hal ini, Airlangga mengatakan, dukungan dari Sumut dan Aceh itu membuat sokongan dari Pulau Sumatera mencapai seratus persen. Secara nasional, besarannya sudah lebih dari 87 persen.

Baca juga : Realistis, Golkar Cuma Ajukan 5 Calon Menteri

"Dengan dukungan ini, maka 100 persen daerah Sumatera sudah memberikan dukungan tertulis, dan melalui pleno," kata Airlangga didampingi Plt Ketua Golkar Sumut Doli Kurnia Tanjung dan Ketua Golkar Aceh TM Nurlif.

Dengan besaran dukungan nasional saat ini yang sudah mencapai 87 persen lebih, Airlangga tak menampik kemungkinan adanya peluang aklamasi. Namun, hal itu tergantung pada situasi Munas nanti. "Kita lihat, sambil berkembang terus," kata Airlangga.

Ia menyatakan, dalam lima tahun ke depan tantangan utamanya bagaimana membesarkan Golkar. Pihaknya sudah melakukan konsolidasi, dan prosesnya masih terus berlanjut.

Baca juga : Korban Gempa Halmahera Selatan Kini 6 Orang

Menurutnya, dalam lima tahun terakhir ini,  banyak agenda yang belum bisa dilaksanakan karena berkali-kali Munaslub. "Jadi kemarin, periodesasinya yang paling dinamis. Oleh karena itu ke depan, periodenya kita normalkan kembali," kata Airlangga. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.