Dark/Light Mode

Hari Ini Banteng Pesta di Bali

Mega Istimewakan Prabowo

Kamis, 8 Agustus 2019 11:10 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) mengundang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Kongres V PDIP di Bali, 8-10 Agustus 2019. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kiri) mengundang Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam Kongres V PDIP di Bali, 8-10 Agustus 2019. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

 Sebelumnya 
Siang hari digelar tari Gandrung khas Banyuwangi di Pantai Matahari Terbit, Sanur. Acara dibawakan 50 penari yang didatangkan langsung Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Megawati ikut menyaksikan tarian penyambutan ini bersama tiga cucunya dari Mohammad Rizki Pratama. Presiden ke-5 RI ini tampak akrab dan berbagi canda dengan cucunya itu. Sejumlah fungsionaris PDIP ikut mendampingi seperti Hasto dan Wasekjen Eriko Sotarduga.

Baca juga : Tak Diundang Ke Ijtima Ulama IV, Prabowo Tidak Mutung

Malamnya, acara dilanjutkan dengan malam kebudayaan. Acara ini menampilkan ekspresi kebudayaan yang dari NTT, Bali, dan sejumlah daerah lainnya. Peserta kongres benar-benar dimanja. Selain dihibur penampilan, peserta juga disiapkan oleh-oleh. Mulai dari buku-buku, komik, sampai syal yang disiapkan khusus Mega dan anaknya, Prananda Prabowo.

Berapa anggaran untuk kongres ini? Wakil Bendahara PDIP, Rudianto Tjen, menjelaskan, biaya totalnya sebesar Rp 17,6 miliar. Biaya itu dikeluarkan, termasuk untuk membayar 1.200 kamar di 13 hotel di sekitar lokasi kongres.

Baca juga : Ki Manteb Wayangan Di Istana, Jokowi Disamakan Kresna

“Untuk membiayai kongres, kami lakukan gotong royong sesama kader partai dan ang- gota partai. Dan tiga minggu terakhir sudah kami tutup, karena pendanaan gotong royong sudah cukup,” kata Rudianto.

Dengan ditutupnya pengumpulan dana tersebut, Hasto mengeluarkan instruksi agar tidak ada kader PDIP yang melakukan penggalangan dana dari pihak lain, dengan mengatasnamakan untuk biaya kongres. Kata Hasto, seluruh biaya kongres telah dipenuhi secara gotong royong dan akan menjadi bagian tanggung jawab parpol.

Baca juga : Gempa Banten, Pegawai Hingga Pimpinan KPK Berhamburan ke Luar Gedung

“Untuk nanti dilaporkan dalam audit partai politik,” kata Hasto. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.