Dewan Pers

Dark/Light Mode

Teruskan Cita-cita Almarhum Margiono

Rivo Mantap Terjun Jadi Caleg DPRD Tangsel Dari Golkar

Minggu, 25 Desember 2022 16:02 WIB
Rivo Derry Kumara (kiri). (Foto: Istimewa)
Rivo Derry Kumara (kiri). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rivo Derry Kumara, putra mantan Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), almarhum Margiono, terjun ke dunia politik. Rivo bergabung dengan Partai Golkar. Dia akan maju menjadi calon legislatif (caleg) untuk DPRD Tangerang Selatan (Tangsel).

Dunia politik bukan hal yang baru bagi Rivo. Dia sudah lama ‘belajar’ politik dari almarhum bapaknya. Saat Margiono masih ada, Rivo sering mengikuti kegiatan sosial dan politik mantan Direktur Utama Rakyat Merdeka tersebut.

“Selama perjalanan mengikuti almarhum itu, saya banyak belajar. Bagaimana nilai-nilai yang Bapak dulu sampaikan ke saya. Bagaimana bahwa manusia itu yang paling baik, orang yang bisa bermanfaat untuk orang lain,” kata Rivo, kepada RM.id, Minggu (25/12).

Berita Terkait : Aburizal Siap Jadi Tameng Airlangga Dari Gangguan

Dengan tekad tersebut, Rivo akhirnya memutuskan bergabung ke Partai Golkar. “Saya terjun ke politik murni untuk mengabdi. Saya ingin salurkan pengabdian mumpung masih muda, agar bermanfaat. Karena di politik ini banyak saluran yang bisa kita mengabdi untuk masyarakat lebih baik lagi,” ujarnya.

Dorongan tersebut semakin kuat dengan ucapan almarhum bapaknya. “Bapak pernah ngomong gini, 'Kalau kamu punya 10, 8 itu kamu kasih orang'. Jadi, dari nilai-nilai seperti itulah yang coba saya aplikasikan di kehidupan sekarang ini, saat saya mau, masih muda, masih punya banyak energi, masih punya banyak ruang, waktu dan pikiran untuk bisa mengabdi dan bermanfaat untuk banyak orang,” bebernya.

Lalu, kenapa memilih Partai Golkar? Rivo mengaku sudah merasa nyaman dengan lingkungan Partai Golkar yang sportif, nggak neko-neko. “Saya merasa di Partai Golkar ini adalah tempat yang paling pas, paling nyaman, dan paling aman untuk bisa mengabdi untuk masyarakat,” jelas Rivo.

Berita Terkait : Cita-Cita Sang Raksasa Pemikir Margiono, Ternyata Sederhana Saja

Sebelum memutuskan bergabung ke Partai Golkar, Rivo mengaku menerima banyak tawaran dari partai politik lain. Namun, karena pertimbangan tadi, dia memantapkan diri dan berkomitmen bergabung di Partai Golkar. Meski tidak pernah didorong secara langsung, baik oleh almarhum Margiono atau keluarga, Rivo bilang, keluarga besarnya mendukung keputusan dia untuk terjun ke politik.

Pada Pemilu 2024, Rivo akan ikut berkontestasi dalam pemilihan calon legislatif atau DPRD Kota Tangsel. Kenapa tidak DPRD Banten atau DPR? Itu lantaran Rivo ingin mengawal pembangunan di Kota Tangsel, yang salah satu tokoh sentral terbentuknya Kota Tangsel ini adalah almarhum Margiono, bapaknya.

“Saya sebagai anaknya, sebagai penerus Bapak, merasa punya tanggung jawab agar Tangsel harus menjadi kota yang maju. Mengawal proses pembangunan pembangunan Tangerang Selatan ke depannya, bahwa Tangerang Selatan bisa semaju kota-kota besar di dunia,” bebernya.

Berita Terkait : Energi Terbarukan Dan Lumbung Pangan Jadi Andalan Investasi Di Kaltara

Agar bisa lolos menjadi anggota DPRD Tangsel, Rivo yang memang sudah aktif dalam berbagai kegiatan sosial, menuturkan, akan lebih sering lagi mendekatkan diri ke masyarakat guna menjelaskan komitmennya untuk mengabdi. “Semoga masyarakat juga mendukung apa yang menjadi cita-cita bersama untuk membangun Kota Tangerang Selatan ini,” imbuhnya.

Di usianya yang masih muda, namun terbilang sudah mapan, Rivo menegaskan jika tujuannya terjun ke politik untuk pengabdian. “Saya sih nggak kepikiran sama sekali, terjun ke politik ini untuk mencari pundi-pundi. Murni untuk mengabdi dan saya berkomitmen penuh untuk membuang jauh-jauh yang namanya korupsi atau segala macam itu, nggak lah,” tandasnya.■