Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Eksklusif Bersama Ahmad Basarah, Wakil Ketua MPR RI

PDI Perjuangan Dapat Tempat Di Hati Milenial

Selasa, 10 Januari 2023 07:55 WIB
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah (Foto: Khairizal Anwar/RM)
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah (Foto: Khairizal Anwar/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan dikenal sebagai partai wong cilik dan kalangan pendukung Bung Karno. Tapi kini, PDI Perjuangan juga sudah dikenal bahkan populer di kalangan milenial.

Mengutip hasil survei Litbang Kompas pada 24 September-7 Oktober 2022, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah yang juga politisi partai berlambang banteng mengatakan, PDI Perjuangan merupakan partai politik dengan elektabilitas tertinggi (19,0 persen) di kalangan generasi milenial (Z), yakni pemilih berusia 17-25 tahun.

“Ini menunjukkan bahwa kami mendapatkan tempat di hati kaum milenial. Mereka bukan generasi yang a-politik dan minim literasi. Mereka justru kritik. Haus akan pengetahuan, serta memiliki kecerdasan politik yang tinggi akibat pendidikan dan melek informasi,” ucapnya.

Baca juga : PDI Perjuangan, Rumah Besar Kaum Kebangsaan

PDI Perjuangan punya strategi untuk merangkul kaum milenial. Tujuannya, agar mereka berjiwa nasionalis, berjiwa kebangsaan sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan.

Caranya, dengan mendorong proses kaderisasi yang sehat di internal partai, memberikan kesempatan pada anak muda untuk berprestasi di dunia politik, serta turun ke akar rumput, baik secara offline maupun online melalui teknologi digital.

"Kesadaran terhadap cyber democracy sangat tinggi di PDI Perjuangan, sehingga berbagai program pun diarahkan untuk menyasar kalangan milenial di dunia digital. Tujuannya, untuk meningkatkan kecerdasan politik dan partisipasi mereka dalam proses demokrasi yang bersifat substansial,” terang Basarah.

Baca juga : Urus Dana Hibah, Waka DPR Jatim Disebut KPK Terima Duit Suap Miliaran

PDI Perjuangan juga membentuk dua sayap partai khusus anak muda bernama Taruna Merah Putih dan Banteng Muda Indonesia.

Di sayap partai tersebut, terang Basarah, anak-anak muda mengikuti kaderisasi partai. Terutama, pemahaman ajaran-ajaran Bung Karno, dan keterampilan tentang kepemimpinan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan dinamika jamannya.

“Ini semua karena keyakinan PDI Perjuangan, bahwa masa depan bangsa ini ditentukan oleh kesiapan dan kondisi pemudanya hari ini," tutur Basarah.

Baca juga : Tiba Di Markas KPK, Wakil Ketua DPRD Jatim Yang Di-OTT Pake Jurus Mingkem

Selain itu, PDI Perjuangan juga selalu melibatkan anak muda dalam setiap event. Seperti saat menyelenggarakan “Bulan Bung Karno” yang dilakukan setiap Juni.

Basarah menerangkan, dalam kegiatan tersebut, anak anak muda juga dilibatkan menjadi peserta.

“Diharapkan, anak anak muda mengetahui dan meneladani sosok, pemikiran dan spirit perjuangan Bung Karno serta jasa-jasanya bagi bangsa Indonesia dan juga dunia,” terangnya. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.