Dark/Light Mode

Eksklusif Bersama Gubernur Bali, I Wayan Koster

Kader Makin Solid, Yakin Hattrick Di Pemilu 2024

Selasa, 10 Januari 2023 06:47 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: Instagram)
Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan genap berusia 50 tahun, hari ini, 10 Januari 2023. Ulang Tahun Emas ini bertema Genggam Tangan Persatuan dengan Jiwa Gotong Royong dan Semangat Api Perjuangan Nan Tak Kunjung Padam.

Gubernur Bali yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, I Wayan Koster semakin optimistis dengan tema yang menurutnya sesuai dengan visi PDI Perjuang­an sebagai Partai Nasionalis Soekarnois.

Berikut wawancara ekslusif Rakyat Merdeka de­ngan I Wayan Koster:

Usia 50 Tahun sangat matang bagi sebuah partai. Bagaimana pandangan Bapak mengenai masa depan partai?

PDI Perjuangan memiliki landasan gerak yang sangat ide­ ologis, akar kuat di masyarakat, petani, nelayan, buruh, pekerja seni, profesional, dan generasi milenial.

Juga punya kader milit­an tersebar di seluruh Indonesia yang bergerak teroganisir, tertib dan disiplin sesuai kebijakan Dewan Pimpinan Pusat Partai serta arahan Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu megawati Soe­ karnoputri.

Baca juga : Kok, Masih Ada Yang Curiga Pemilu Ditunda

Sehingga, PDI Perjuangan menjadi semakin solid, kuat, dan semakin mampu berperan aktif di tengah masyarakat serta bahu membahu bersama rakyat mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Apa makna di balik tema besar ini?

Tema yang sangat tepat dan relevan ditampilkan oleh PDI Perjuangan dalam merayakan HUT ke­50, Tahun Emas meng­ hadapi perkembangan zaman yang semakin dinamis dalam kehidupan berbangsa dan berne­gara.

Dalam dinamika tersebut, PDI Perjuangan sangat memahami posisinya sebagai partai terbesar di Indonesia, pemenang pemilu tahun 2014 dan 2019. Yang punya peranan besar menentu­kan arah kemajuan bangsa dan negara Indonesia.

Dalam konteks ini, persatuan dan kesatuan yang dijiwai sema­ ngat gotong­ royong jadi unsur yang sangat penting dan strategis dalam proses pencapaian tujuan politik PDI Perjuangan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia. agar bangsa dan negara Indonesia semakin kokoh, meningkatkan pem­bangunan di semua bidang, dan meningkatkan daya saing dalam percaturan global.

PDI Perjuangan selama ini dikenal sebagai partai­nya wong cilik dan kalangan pendukung Bung Karno. Bagaimana strategi partai me­rangkul milenial, khususnya di Bali?

Baca juga : Pimpin TNI, Ini Pesan Jokowi Kepada Yugo Margono Hadapi Pemilu 2024

PDI Perjuangan memiliki ideologi perjuangan yang senan­tiasa berpihak kepada wong cilik. Ini hal utama dan terpen­ting yang selalu digerakkan oleh kader baik sebagai pengurus partai, petugas partai di legislatif maupun eksekutif.

Keberadaan wong cilik seperti petani, ne­layan, buruh, pekerja seni harus selalu menjadi pusat perhatian dalam mengembangkan kebijakan yang secara nyata berpihak kepadanya.

Bahkan, di era kekinian, PDI Perjuangan dengan tata kelola semakin modern dan maju, mampu memperluas medan per­ juangan yang mencakup seluruh segmen masyarakat. Seperti kelompok akademisi, kelompok pendidik, kelompok profesional, dan kelompok generasi muda/ milenial.

Inilah strategi PDI Perjuangan dalam memperluas basis pemilih.

Bagaimana perkiraan per­olehan suara PDI Perjuangan dalam pemilu nanti?

Yakin akan hattrick, atau tiga kali memenangkan pemilu (pileg engan ideologi yang terus dilaksanakan secara konsis­ten, menjaga soliditas internal, bergerak teroganisir sistematis. Serta memiliki kader militan yang tangguh, tertib, dan disiplin dalam melaksanakan arahan DPP Partai dan Ketua Umum PDI Perjuangan. Dissertation dengan kemampuan memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Baca juga : Presiden Berikan Empat Arahan Ke Bawaslu Hadapi Pemilu 2024

Saya termasuk salah satu kader yang san­gat yakin, PDI Perjuangan akan mampu meraih simpati dan dukungan rakyat. Sehingga, kembali menang dalam Pemilu legislatif dan Pilpres tahun 2024.

Sudah ramai survei yang menyebut nama­-nama capres­ cawapres populer. Apa tang­gapannya?

Mengenai capres yang se­dang berkembang saat ini, sebagai Petugas Partai, saya tegak lurus sepenuhnya mengikuti insstruksi Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.