Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perindo: Kota Bandung Bukan Gotham City

Sabtu, 21 Januari 2023 17:02 WIB
Kegiatan sosial Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)
Kegiatan sosial Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Ferry Kurnia Rizkiyansyah menilai tidak elok jika Bandung dijuluki sebagai kota fiksi dalam cerita Batman, Gotham City.

Julukan itu, tidak pas disematkan kepada daerah yang terkenal dengan sebutan Paris Van Java tersebut.

"Bandung masih kota yang nyaman dan kondusif untuk usaha dan beraktifitas bahkan destinasi wisata" kata Ferry, kepada RM.id, Sabtu (21/1).

Ferry turut prihatin atas peristiwa kriminalitas di Bandung. Namun, itu adalah murni kriminalitas dan berharap Pemerintah dan kepolisian sebagai pemegang otoritas bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan baik.

Baca juga : Petang Ini, Maung Bandung Ditantang Madura United

Mantan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini mengamini, untuk penanganan keamanan kota kelahirannya itu perlu menyerap peran serta masyarakat setempat. Bersama warga, dapat membantu peningkatan kewaspadaan akan potensi kriminalitas.

"Libatkan masyarakat dalam aktivitas sosial kemasyarakatan dan pembangunan, optimalkan peran keluarga, revitalisasi ronda siskamling," sebutnya.

Selain itu, langkah preventif untuk mencegah terjadinya kriminalitas juga bisa dilakukan di lingkungan sekolah. Kemudian, memberikan ruang dan fasilitas yang memadai untuk menyalurkan hobi remaja guna memberikan mereka kegiatan sehingga tidak terjerumus dalam aksi kriminalitas.

"Sosialisasi di sekolah-sekolah tentang pentingnya pergaulan dan optimalisasi peran pemerintah setempat dalam memberikan ruang aktivitas positif bagi generasi muda," pungkasnya.

Baca juga : Akademisi: KUHP Baru Lindungi Harkat dan Martabat

Untuk diketahui, Bandung yang terkenal dengan Kota Kembang kini mendapatkan julukan baru dari warganet dengan sebutan Gotham City.

Sebutan ini berawal dari aksi kriminalitas yang marak terjadi pada malam hari di Kota Bandung.

Sontak, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengimbau warga kembali terjun membantu menjaga keamanan Kota Bandung. Satu di antaranya adalah mengaktifkan kembali siskmaling.

"Kami juga mengimbau bagi warga yang memang tidak ada kepentingan untuk tidak beraktivitas di malam hari," kata Yana di Bandung, Rabu (18/1).

Baca juga : Cinta Laura, Bikin Konten Bukan Demi Cuan

Menurut Yana, munculnya kejadian kriminalitas di Kota Bandung tak lain karena mereka menyasar warga yang beraktivitas di malam hari. Maka itu, pihaknya terus membantu menjaga keamanan Bandung sesuai ranahnya, yakni menambah penerangan jalan umum (PJU) dan CCTV. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.