Dewan Pers

Dark/Light Mode

Soal Capres 2024, PAN Sebut Nama Ganjar Dan Erick Thohir Menguat di Internal

Rabu, 25 Januari 2023 19:24 WIB
Waketum PAN Yandri Susanto. (Foto: Ist)
Waketum PAN Yandri Susanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) mengungkapkan, nama calon presiden yang bakal diusung partai berlambang matahari terbit itu masih merujuk pada nama hasil Rakernas pada 27 Agustus 2022 lalu.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menyebut, selain nama Ketua Umum Zulkifli Hasan atau Zulhas, dua nama bakal capres yang menguat adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Di situ ada Ganjar ada Erick yang menguat di internal partai. Tentu ketua umum pasti nomor satu, yang lain berpeluang juga," ujar Yandri di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1).

Berita Terkait : Soal Pilihan Capres, Cara Puan Beda Dengan Om-nya

Selain itu, Yandri juga sempat menyinggung nama bakal capres Partai Nasdem, Anies Baswedan. Menurutnya, dukungan Anies juga menguat, tetapi masih kalah dengan nama Zulhas, Ganjar dan Erick Thohir.

"Kalau dilihat secara mayoritas dan kecenderungan itu Ganjar sama Erick, tetapi Anies juga lumayan kuat," tuturnya.

Lebih lanjut, Yandri mengatakan, nama-nama bakal capres PAN tersebut belum dibahas dalam forum Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB bentukan PAN, Golkar dan PPP. Nama-nama tersebut, kata dia, masih dinamis.

Berita Terkait : Fordekiis: Pertemuan Erick Thohir-Megawati Langkah Tepat Penjajakan

"Belum (dibahas) juga karena masih dinamis. Itukan atas pemantauan saya sebagai pemenangan pemilu, beberapa kali kunjungan ke daerah, berapa kali DPD datang ke Jakarta. Kecenderungannya itu," tandas Yandri.

Perlu diketahui, Rakernas PAN pada 27 Agustus 2022 lalu, telah mengumumkan sembilan nama bakal capres yang akan diusung.

Kesembilan nama itu, yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (sebelum diganti), dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Berita Terkait : Makin Dekat Dengan Mega, Peluang Politik Erick Thohir Makin Besar

Kemudian, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. ■