Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fordekiis: Pertemuan Erick Thohir-Megawati Langkah Tepat Penjajakan

Kamis, 19 Januari 2023 16:03 WIB
Erick Thohir dan Mwgawati Soekarnoputri. (Foto: Ist)
Erick Thohir dan Mwgawati Soekarnoputri. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Forum Dekan Ilmu-Ilmu Sosial Perguruan Tinggi Negeri atau Fordekiis se-Indonesia menilai pertemuan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merupakan langkah tepat untuk penjajakan ke salah satu partai besar.

"Langkah penjajakan ini sangat perlu dilakukan oleh Erick jika ingin maju di kontestasi Pilpres 2024," kata Ketua Forum Fordekiis se-Indonesia Prof. Andy Fefta Wijaya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (19/1).

Baca juga : Tegas, Erick Thohir Bakal Blacklist Mereka Yang Terlibat Perjokian Rekrutmen BUMN

Menurut Prof. Andy, kedekatan Megawati dan Erick Thohir juga bisa dijadikan tolok ukur respons masyarakat ketika kedua tokoh tersebut dekat dan berpotensi menjalin komunikasi politik menuju 2024.

Jika publik memandang gabungan dua tokoh itu positif, komunikasi politik antara Megawati sebagai Ketua Umum PDIP dengan Erick Thohir sebagai salah satu calon wakil presiden (cawapres) yang potensial dapat dilanjutkan.

Baca juga : Erick Thohir Perkuat Pencegahan Korupsi

Menurut dia, penjajakan dan komunikasi dengan tokoh sentral PDIP perlu dilakukan orang nomor satu di Kementerian BUMN tersebut jika ingin maju sebagai cawapres.

"Bagaimana pun Erick memiliki potensi maju di Pilpres 2024, dan PDIP satu-satunya partai politik yang dapat mengusung capres tanpa melalui koalisi," tuturnya. 

Baca juga : Jawa Barat Hibahkan Sistem Merit Kepegawaian Kepada Pemkab Sijunjung

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Brawijaya itu menuturkan apabila Erick Thohir dipasangkan dengan PDIP maka akan membuat posisi keduanya menarik.

Bahkan, gabungan tersebut bisa saling menguatkan di Pilpres 2024. Dirinya menilai pertemuan antara Megawati dengan Erick Thohir juga tidak menunjukkan adanya resistensi. Bahkan, Megawati menurutnya menerima dengan baik dan merespons positif keberadaan Menteri BUMN itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.