Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadir Dengan Sarung Dan Peci di Harlah Satu Abad NU, AHY Dipuji Pengamat

Selasa, 7 Februari 2023 22:51 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam peringatan Hari Lahir Satu Abad Nahdlatul Ulama di Sidoarjo (7/2) mencuri perhatian warga NU yang hadir.

Pengamat mengungkapkan, sambutan meriah dari akar rumput NU merupakan buah dari rajinnya AHY bersilaturahmi.

"NU itu organisasi masyarakat yang berkembang dari bawah, dari desa-desa, dari pinggiran, dengan kultur dan bahasa sederhana, khas orang kebanyakan. Maka dari itu, kunci mendekati warga NU ya rajin-rajin silaturahmi," ujar Dr. Sufyanto, peneliti utama lembaga survei The Republic Institute, yang berbasis di Surabaya.

Dia menyebut, AHY lahir dari lingkungan keluarga besar pondok pesantren Tremas, Pacitan, salah satu ponpes NU tertua di pulau Jawa.

Baca juga : Hadiri Perayaan 1 Abad NU, AHY Dikerubutin Warga Nahdliyin

"Sangat bisa dipahami jika dari dulu mas AHY rajin sowan pada para Kyai, silaturahmi ke pesantren-pesantren besar dan kecil, maupun ziarah makam-makam Kyai maupun Wali di seluruh tanah Jawa," kata Dr. Sufyanto, yang pernah jadi Ketua Bawasluda Jatim periode awal.

"Sambutan meriah dan spontan dari akar rumput NU, saat mas AHY datang dan pulang, maupun sambutan dari para Kyai, Nyai maupun pengurus NU lainnya ketika mas AHY di panggung, merupakan buah silaturahmi yang dijalin selama ini," imbuhnya.

Dosen FISIP Universitas Al-Azhar Indonesia Zaenal Budiyono mengamini, AHY perlu terus mempererat hubungan dengan NU melalui silaturahmi.

Survei LSI tahun 2021 mengindikasikan basis massa NU berjumlah sekitar 108 juta, berarti hampir sepertiga jumlah masyarakat Indonesia.

Baca juga : Cara Merawat Burung Murai Batu Agar Rajin Berkicau

Secara sosio-kultural, ekonomi maupun politik, NU merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia.

"Apalagi mas AHY lahir dan besar dari lingkungan keluarga besar pondok pesantren Tremas, Pacitan," ujar Zaenal, yang juga Direktur Eksekutif Developing Countries Studies Center (DCSC-Asia).

Zaenal mengingatkan, mendekati NU tidak bisa instan. Ini organisasi masyarakat yang sudah berdiri, bahkan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"NU berperan sangat penting dalam sejarah perlawanan terhadap penjajah, dan selama Orde Baru bertahan dengan caranya sendiri, agar tetap bisa mengayomi rakyat kecil yang bernaung dibawah NU," bebernya.

Baca juga : Audiensi Dengan BPN DKI, Heru Akan Identifikasi Setiap Masalah Pertanahan

Peran NU dalam menerima Pancasila sebagai ideologi bangsa dalam Muktamar tahun 1984, mengakhiri polemik yang berlarut-larut antara negara dan umat Islam pada masa itu

"Salut melihat bagaimana meriahnya sambutan akar rumput NU terhadap mas AHY, demikian pula sambutan hangat Gus Yahya dan jajaran pengurus PBNU lainnya, termasuk mbak Yenny Wahid," tuturnya.

"Jadi makin menarik melihat sejumlah Ketum parpol lainnya tidak hadir, termasuk parpol yang semula lahir dari rahim NU," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.