Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Sindiran Amien Reaksioner, Prabowo Banyak Bantu Partai Ummat

Kamis, 16 Februari 2023 17:54 WIB
Momen kebersamaan Prabowo Subianto dengan Amien Rais (Foto: Istimewa)
Momen kebersamaan Prabowo Subianto dengan Amien Rais (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketidakhadiran Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Ummat disindir pendiri partai tersebut, Amien Rais. Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam menilai, pernyataan Amin tersebut bisa dikatakan reaksioner. Sebab, Prabowo dengan Amin merupakan sahabat yang selama ini saling membantu.

"Kalau sebagai sahabat, karena kesibukannya dan kemudian karena tidak bisa hadir dalam acara tersebut, tentu akan dinilai publik reaksioner," ujar Arif, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (16/2).

Baca juga : Hadiri Haul KH Ahmad Makki, Prabowo Ingatkan Jaga Persatuan

Menurut Arif, selama ini Prabowo banyak membantu Partai Ummat. "Kalau yang saya dengar, Pak Amien mengucapkan terima kasih pada Pak Prabowo dan Gerindra karena banyak membantu partainya," tuturnya.

Sebelumnya, selaku pendiri sekaligus Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien memastikan akan mengambil jalan berbeda dengan Prabowo yang pernah dia dukung pada Pilpres 2019. Keputusan tersebut diambil setelah pesan-pesannya dan undangan Rakernas I Partai Ummat tak kunjung dijawab Prabowo.

Baca juga : Batal Hadiri Haul KH Ahmad Makki, Prabowo Minta Maaf

"Ya sudahlah, jadi kita masing-masing. Saya doakan Prabowo selalu in the good shape. Mudah-mudahan juga tercapai apa yang dicita-citakan, ingin jadi presiden," ujar Amien, di penutupan Rakernas Partai Ummat, Rabu (15/2).■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.