Dark/Light Mode

Perindo Siap Dampingi David, Korban Penganiayaan Anak Pegawai DJP

Rabu, 1 Maret 2023 18:10 WIB
Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tama S. Langkun. (Foto: Istimewa)
Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tama S. Langkun. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Bidang Hukum dan HAM DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Tama S. Langkun meminta kasus penganiayaan yang dilakukan anak Pejabat Direktorat Jenderal Pajak, Mario Dandy Satriyo terhadap putra pengurus GP Ansor, Cristalino David Ozora diusut tuntas.

Mantan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) berharap, korban mendapat keadilan, dan pelakunya mendapatkan hukuman sesuai dengan perbuatannya.

Pun, pengusutan secara tuntas kasus ini dapat mencegah kejadian kekerasan pada anak yang belakangan ini kerap terjadi.

Baca juga : Kasus Penganiayaan Anak Tak Terkait Politik Identitas

'Khusus kasus penganiaan terhadap David, kami meminta pihak penegak hukum khususnya Kepolisian tidak pandang bulu. Kita percayakan perkara ini kepada Kepolisian," ujar Tama, melalui keterangan tertulis kepada RM.id, Rabu (1/3).

Juru Bicara Nasional DPP Partai Perindo ini juga menekankan, selain pengusutan proses hukum, hal penting lainnya ada soal pemulihan hak korban. Informasi terkini, David yang menjadi korban dalam perkara ini masih belum sadarkan diri.

"Beberapa contohnya yang sudah terlihat dengan mata telanjang adalah pemulihan terhadap luka fisik yang diderita. Semua biaya yang timbul akibat pemulihan tersebut harus mendapatkan pemulihan ganti rugi," ujar Tama.

Baca juga : Sri Mulyani Dukung Langkah Hukum LBH Ansor

Selain fisik, tambahnya, Tama juga menyebutkan ihwal pentingnya pemulihan terkait psikis korban. Menurut Tama, David harus mendapatkan layanan psikologis untuk memulihkan diri dari trauma.

"Saya rasa, pihak korban bisa meminta layanan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) DKI Jakarta. Di mana, terdapat pelayanan layanan gratis untuk perempuan dan anak yang mendapatkan kekerasan. Ini mungkin dilakukan mengingat korban masih berusia anak," ucapnya.

Sebagai partai yang peduli terhadap kekerasan terhadap perempuan dan anak, Tama menyebutkan siap memberikannya pendampingan dari proses hukum hingga pemulihan korban.

Baca juga : Sri Mulyani Dan Yaqut Jenguk David, Anak Kader GP Ansor Yang Dianiaya Anak Bos Pajak

"Kami dari Partai Perindo juga membuka diri jika korban yaitu David membutukan bantuan hukum. Kami siap!" tegasnya.

Sebelumnya, Mario Dandy menganiaya David (17), anak dari salah satu pengurus pusat GP Ansor Jonathan. David dianiaya hingga koma. Penganiayaan tersebut terjadi di kawasan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, pada Senin (20/2).

Aksi penganiayaan putra pengurus GP Ansor ini awalnya mencuat di media sosial. Mario disebut-sebut menemui korban bersama 4 orang, termasuk A, dengan menaiki mobil Jeep Rubicon bernopol B-120-DEN. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.