Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Lawan Dikte Pendanaan Parpol

Partai Buruh Ajak Rakyat Patungan

Minggu, 5 Maret 2023 07:15 WIB
Kepala Bidang Ideologi dan Kaderisasi Partai Buruh, Adityo Fajar. (Foto: Partai Buruh)
Kepala Bidang Ideologi dan Kaderisasi Partai Buruh, Adityo Fajar. (Foto: Partai Buruh)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Buruh memilih cara pendanaan operasionalnya me­lalui sistem crowdfunding atau patungan, dengan melibatkan rakyat. Ini untuk mencegah cam­pur tangan kepentingan oligarki.

“Pada akhirnya, crowdfunding adalah antitesa dari dikte kekua­tan uang kaum super kaya. Melawan kekuatan uang oligarki dengan kekuatan partisipasi publik,” ujar Kepala Bidang Ideologi dan Kaderisasi Partai Buruh, Adityo Fajar, kepada Rakyat Merdeka, belum lama ini.

Baca juga : Yandri Ajak Gotong Royong Selamatkan Lingkungan

“Bukankah Partai Buruh hen­dak membawa kebaruan dalam banyak hal? Saya kira kelas pe­kerja berhimpun di Partai Buruh karena itu. Elan perubahan yang dijanjikannya,” semangatnya.

Saat ini, katanya, Partai Buruh tengah meyakinkan masyarakat luas, bahwa politik adalah hal mulia. Melalui jalur ini dapat memperbaiki kehidupan rakyat. Asalkan, dijalankan dengan jujur serta amanah.

Baca juga : Partai Politik Tangsel Pasang Target Tinggi

“Partai Buruh sebagai partai yang mengklaim sebagai partai gerakan menghadapi tantangan ini. Bagaimana mendobrak se­mangat solidaritas sosial yang termanifestasikan dalam bentuk aktivitas filantropi, bisa dikon­versikan menjadi sokongan politik,” katanya.

Menurutnya, pembiayaan politik merupakan persoalan pelik. Banyak partai politik yang akhirnya menjalin dengan pemodal besar dengan sebutan oligarki. “Sebuah relasi menjebak yang lambat laun menempatkan partai pada ketergantungan, kehilanganbanyak otonomi, bahkan terjerat pada dikte politik pihak pendana,” katanya.

Baca juga : Sri Mulyani Copot Bos Pajak Rafael Alun Trisambodo

Adityo merincikan program patungan rakyat alias crowd­funding. Yaitu, masyarakat menyumbang, dikelola secara ter­buka, dipertanggungjawabkan seksama. Transparan dan akunta­bel. Publik pun mempunyai hak kontrol terhadap kinerja partai karena turut membiayai.

Menurutnya, praktik ini se­benarnya lazim dilakukan oleh parpol-parpol di era lama, di masa awal republik berdiri. Saat sejumlah besar rakyat merasa terafiliasi kuat dengan parpol. Itu yang membuat mereka tak segan menyumbangkan dananya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.