Dark/Light Mode

Hari Ini Ketemuan

Prabowo-Paloh Buyarkan Koalisi

Minggu, 5 Maret 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Antara).
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (Foto: Antara).

 Sebelumnya 
Begitu juga dengan PKS yang tidak mempermasalahkan rencana pertemuan antara Prabowo dan Paloh. “Mantap itu berarti. Indonesia ke depan insya Allah akan aman dan lebih baik. Para pimpinan partainya senang silaturahim,” cetus Juru Bicara PKS, Ahmad Mabruri, kemarin.

Dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang di bentuk Gerindra dan PKB juga enggan baper menyikapi rencana pertemuan kedua tokoh yang pernah menjadi politisi partai Golkar tersebut. “Bagus, komunikasi antar-koalisi penting dilakukan secara intensif, untuk saling berbagi informasi dan visi, saling memberikan sumbangsih ide dan pemikiran untuk membangun Indonesia yang lebih baik,” tegas Ketua DPP PKB, Daniel Johan.

Baca juga : Syarief Hasan: Putusan Penundaan Pemilu Kangkangi Konstitusi

Lalu apa kata pengamat? Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad menilai Koalisi Perubahan dan KIR belom solid. Kedua koalisi ini masih belum memiliki kata sepakat soal cawapres. “Masih terbuka kemungkinan untuk keduanya membuyarkan dan memunculkan konfigurasi baru,” sebut Sadiman.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Trias Politik Strategis Agung Baskoro berpendapat, pertemuan keduanya untuk menyatukan suara dalam merespon isu-isu politik nasional yang mengemuka. Misalnya soal sistem proporsional terbuka atau tertutup, perpanjangan masa jabatan presiden, maupun soal penundaan pemilu yang diputus oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Baca juga : Urung Lawan Persija, Persib Liburkan Pemain

“Jika kedua tokoh ini sepakat koalisi bisa buyarkan koalisi yang ada,” tukas Agung. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.