Dark/Light Mode

Puan Mau Sowan PPP Dan PAN

Beringin Senang KIB Banyak Yang Naksir

Rabu, 15 Februari 2023 07:55 WIB
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Puan Maharani. (Foto: Dok. DPR)
Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Puan Maharani. (Foto: Dok. DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Silaturahmi politik Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Puan Maharani berlanjut. Rencananya, pada awal Maret dia akan menyambangi partai di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni PAN dan PPP.

Apakah Partai Golkar, sebagai inisiator KIB, khawatir dengan manuver Banteng ini? Akankah manuver Puan menggoyang soliditas KIB?

Politisi Partai Golkar, Muhammad Sarmuji justru menyambut positif niat Puan berkunjung ke anggota partai politik yang ter­gabung dalam KIB. “Pertemuan Mbak Puan dengan PAN dan PPP bagi Golkar bukan saja tidak masalah, tetapi sangat penting untuk merajut keber­samaan,” kata Sarmuji kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Orang Muda Ganjar Salurkan Pakan Kucing Hingga Kandang Untuk Cat Lovers Jakarta

Ditegaskan, KIB hingga kini amat solid. Partai-partai di dalamnya pun, lanjutnya, dipersilakan membangun komunikasi politik dengan koalisi, partai, dan kelompok manapun.

Menurut Wakil Ketua Komisi VI DPR itu, silaturahmi politik amat penting. Apalagi jelang Pemilu 2024. Sebab, kesejukan dalam berpolitik bisa didapatkan jika elitenya bersatu karena rajin berkomunikasi.

“Dengan banyak silaturahmi Pemilu 2024 akan berlangsung dalam susana menentramkan. Golkar juga komunikasi dengan partai luar koalisi. Kemarin PKB silaturahmi ke kami,” tuturnya.

Baca juga : Ganjar Ajak Kades Se Jateng Tancap Gas Atasi Stunting

Artinya, KIB bisa diterima parpol lain. Bahkan menjadi rebutan partai politik. Soal kom­posisi capres-cawapres, jika ada partai baru bergabung tentu bisa dibicarakan bersama.

“Jelas kan KIB makin diminati. Siapa tahu PDI Perjuangan, PKB, atau yang lain tertarik gabung ke KIB melalui pintu komunikasi dengan kami, PAN, ataupun PPP. Yang jelas masing-masing partai punya calon. Kami jelas usung Pak Airlangga,” ungkap Ketua DPD Golkar Jawa Timur ini.

Senada, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi juga me­nyambut baik rencana kunjungan Puan. “Kami PAN sebagai bagian dari KIB terbuka. Siapa tahu bisa bekerja sama kan?” jawab Viva melalui pesannya kepada Rakyat Merdeka, ke­marin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.