Dark/Light Mode

Bebas 10 April

Anas Padat Jadwal Bukber

Senin, 3 April 2023 08:31 WIB
Ketum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (Foto: Antara)
Ketum Partai Demokrat Anas Urbaningrum (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senin, tanggal 10 April besok, mantan Ketum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum akan menghirup udara bebas. Setelah resmi keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat nanti, agenda Anas akan padat dengan acara bukber di sejumlah tempat.

Kabar kebebasan Anas sudah mulai ramai diperbincangkan sejak awal Maret lalu. Saat itu, Anas menuliskan pesan bertulis tangan dalam secarik kertas. Foto pesan tersebut lalu diunggah di akun @anasurbaningrum. Isi pesan itu antara lain tentang rencana pembebasannya. "Insya Allah beberapa waktu tersisa menjalani pengasingan akan tunai dengan baik," tulis Anas.

Sahabat baik Anas, yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara, Gede Pasek membenarkan kabar kebebasan Anas. Kata dia, Anas akan bebas pada 10 April.

Pasek bilang, di hari kebebasan itu, Anas akan disambut sejumlah sahabat dan aktivis. "Akan ada banyak yang menyambutnya," kata Pasek, saat dikontak Rakyat Merdeka, tadi malam.

Baca juga : SIM Keliling Bogor 1 April Hadir Di Plaza Jambu 2

Pasek bilang, Anas akan keluar Lapas pada sore hari. Setelah itu, Anas akan mengikuti acara buka bersama bersama sahabat dan aktivis pemuda yang menyambutnya. Setelah itu, Anas akan menuju ke Blitar untuk sungkem ke ibunya. "Semuanya tinggal menunggu surat Dirjen Pas dan Kalapas Sukamiskin juga," kata Pasek.

Lalu apakah Anas akan kembali terjun ke dunia politik? Mantan anggota DPD asal Bali ini mengangguk mantap. "Jiwa dan habitat Mas Anas di politik. Pasti beliau akan kembali ke habitatnya," tandasnya.

Koordinator Nasional Sahabat Anas Urbaningrum, Muhammad Rahmad menuturkan, akan ada banyak yang menjemput Anas di hari pembebasan. Bahkan yang akan ikut menjemput nanti adalah mantan anggota DPR hingga mantan menteri.

Siapa saja? "Beliau-beliau minta ke kami untuk tidak menyebut nama dulu. Nanti kita lihat saja saat penyambutan ya," katanya.

Baca juga : Kemenag Apresiasi Polda Metro Jaya Tindak Penipu Jemaah Umrah

Selain mantan menteri dan anggota DPR, sejumlah ormas juga bakal turut menjemput secara langsung Anas Urbaningrum. Para ormas tersebut, masih memiliki riwayat sejarah yang tak terlepas dengan sosok Anas Urbaningrum.

"Info sementara yang kami terima, bersama kami, akan bergabung berbagai ormas yang juga akan hadir di Lapas Sukamiskin, diantara nya KAHMI, KNPI, PPI, Kelompok Cipayung, JARI, dan beberapa paguyuban dari Jawa Timur dan Blitar," bebernya.

Kadivpas Kemenkumham Jabar Kusnali yang dihubungi mengatakan Anas akan bebas pada bulan April. Kapan waktu bebasnya, ia bilang akan diinfokan kembali.  "Untuk pastinya, dua hari sebelum pembebasan akan kami infokan kembali," ujar Kusnali.

Sementara itu, Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Sukamiskin, Kunrat Kasmiri memastikan bahwa tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pihaknya terkait pembebasan Anas Urbaningrum. Dia menyatakan, pihaknya hanya bertugas memastikan bagaimana Anas Urbaningrum keluar dan meninggalkan lapas.

Baca juga : Donita, Ajari Anak Puasa Pakai Stiker

Meski begitu, Kunrat mengakui bahwa Anas Urbaningrum menyampaikan permintaan khusus terkait pembebasannya. Dia meminta agar dibebaskan pada sore hari. "Karena ada acara buka bersama mungkin kan supaya di luarnya tidak terlalu lama," tandasnya.

Sekadar latar saja, Anas Urbaningrum mendekam di penjara usai divonis bersalah dalam kasus proyek pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang 2010-2012. Anas dihukum 8 tahun penjara dalam kasus tersebut. Selain dihukum 8 tahun penjara, hak politik Anas Urbaningrum juga dicabut. Dia dilarang dipilih selama 5 tahun sejak bebas dari penjara.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.