Dark/Light Mode

Diajak Dukung Capres PDIP

PAN Merasa Ganjar Cocok Sama Erick

Minggu, 30 April 2023 08:12 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara peluncuran bakal calon legislatif PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12/2022). (Foto: Ist)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara peluncuran bakal calon legislatif PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12/2022). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP mengajak PAN mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Namun, partai yang dikomandoi Zulkifli Hasan itu, belum memberi jawaban tegas. PAN akan memberikan dukungan jika sosok cawapres pendamping Ganjar sesuai dengan keinginan konstituen partai. PAN pun mengusulkan nama Erick Thohir menjadi pendamping Ganjar. 

Soal ajakan PDIP itu, diungkap oleh Sekjen PAN Eddy Soeparno saat menjadi narasumber diskusi bertajuk Tiki Taka Koalisi Capres, di Jakarta, kemarin. 

Eddy menceritakan ajakan itu disampaikan kepadanya tak lama setelah PDIP mengumumkan Ganjar sebagai capres. Kata dia, saat itu ia menelpon Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto untuk menyampaikan selamat atas pencapresan Ganjar. Kemudian, dalam obrolan itu, Hasto mengajak PAN bergabung dengan PDIP untuk mengusung Ganjar.

Baca juga : SMRC: Pasca Deklarasi Capres, Elektabiltas Ganjar Naik Signifikan

"Ayo PAN gabung bersama-sama PDIP untuk mengusung capres Ganjar. Kurang lebih seperti itu ajakannya," kata Eddy. 

Saat itu, Eddy mengaku, tak langsung menerima ajakan tersebut. Kata dia, PAN masih melihat dinamika politik terkait dengan pencapresan Ganjar. Partainya masih memproses tawaran tersebut.

Eddy menjelaskan, sampai saat ini partainya belum menentukan capres yang akan diusung. Tiga capres yang ada saat ini, yakni Ganjar, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, sama-sama berpeluang untuk didukung. 

Baca juga : Ganjar Makin Laris Manis

PAN, lanjut dia, akan memilih capres yang mengusung cawapres yang berasal dari kader PAN atau sesuai dengan suara konstituen PAN. Tujuannya agar berdampak pada perolehan suara PAN di Pileg nanti. 

"Kami memiliki konstituen yang kuat dari kalangan umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah," ungkapnya. 

Lalu siapa sosok cawapres yang ditawarkan PAN? Menurut Eddy, salah satu sosok yang dekat dengan PAN akhir-akhir ini adalah Erick Thohir. Eddy menambahkan, dukungan kepada Erick ini pernah disampaikan Ketum PAN Zulkifli Hasan saat menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Semarang, Jawa Tengah, pada akhir Februari lalu. Saat itu, Zulhas secara implisit menyampaikan dukungan kepada Ganjar dan Erick.

Baca juga : OSO: Pencapresan Ganjar Sesuai Hati Nurani

"Bang Zulhas menyampaikan di hadapan Presiden Jokowi. Pak Presiden, kalau Indonesia dipimpin Pak Ganjar dan Pak Erick, Insya Allah Indonesia akan jaya dan aman,” kata Eddy, menirukan omongan Zulhas.

Dukungan terhadap Erick itu disampaikan juga oleh Waketum PAN Viva Yoga Mauladi. Kata dia, dalam posisi elektabilitas capres yang tak tarpaut jauh saat ini, faktor cawapres akan menjadi penentu dalam Pilpres 2024. Karena itu, jangan sampai salah milih cawapres. Nah, menurut Viva, salah satu cawapres yang bisa memberikan dampak elektoral kepada capres adalah Erick.

Viva melihat, dalam berbagai hasil survei nasional, masih terdapat ceruk suara di Pilpres 2024 yang belum tersentuh oleh berbagai kandidat capres maupun cawapres. Ceruk suara ini adalah para undecided voters.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.