Dark/Light Mode

Diajak Dukung Capres PDIP

PAN Merasa Ganjar Cocok Sama Erick

Minggu, 30 April 2023 08:12 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara peluncuran bakal calon legislatif PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12/2022). (Foto: Ist)
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara peluncuran bakal calon legislatif PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12/2022). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Dari berbagai hasil survei beberapa lembaga angka undecided voters ini masih sangat tinggi. Angka tersebut berada di rentang 15 hingga 20 persen. Menurut Viva, Erick mampu menarik suara dari kalangan undecided voters.

Viva menambahkan, sosok cawapres seperti Erick menjadi penting karena memiliki elektabilitas dan potensi untuk menarik suara dari para pemilih yang belum menentukan pilihan. “Mas Erick Thohir saya rasa punya kompetensi untuk itu dan punya potensi untuk itu,” kata Viva, kemarin. 

Pilihan PAN terhadap Erick memang sesuai dengan hasil survei Poltrackimg Indonesia yang dirilis Jumat lalu. Dalam survei itu diketahui, Erick adalah sosok cawapres dengan elektabilitas tertinggi mengalahkan sosok lain seperti Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil.

Baca juga : SMRC: Pasca Deklarasi Capres, Elektabiltas Ganjar Naik Signifikan

Dalam simulasi 20 nama tokoh cawapres, Erick unggul dengan elektabilitas sebesar 16,3 persen. Di posisi kedua ada Sandiaga Uno 14,8 persen,  kemudian Ridwan Kamil 12,2 persen, dan  Agus Harimurti Yudhoyono 7,2 persen. 

Di posisi kelima ada Mahfud MD 6,5 persen, Khofifah Indar Parawansa 6,1 persen, Puan Maharani 3,4 persen, Airlangga Hartarto 2,9 persen, Muhaimin Iskandar 2,5 persen. 

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda menyampaikan, Erick juga unggul pada simulasi 10 nama bakal cawapres. Dalam simulasi 10 nama, Erick memiliki elektabilitas mencapai 17,1 persen, disusul Sandiaga Uno 15,5 persen.

Baca juga : Ganjar Makin Laris Manis

"Ridwan Kamil 13,5 persen, Mahfud 7,8 persen, Agus AHY 7,7 persen, Khofifah 6,8 persen, Puan 3,5 persen, Airlangga 3,1 persen, Muhaimin Iskandar 3 persen, dan Andika Perkasa 2,5 persen," ucap Hanta.

Hanta menilai, elektabilitas Erick yang unggul tak lepas dari persoalan Piala Dunia U-20 yang batal digelar di Indonesia. Posisi Erick sebagai Menteri Ketum PSSI, dianggap berdampak positif bagi kenaikan lektabilitas Erick. 

Pengamat politik dari UIN Jakarta, Adi Prayitno menilai, tak aneh kalau PAN mendukung Erick sebagai cawapres. Kata dia, dukungan itu sudah disampaikan Zulhas di Rakornas PAN akhir Februari lalu. "PAN berpesan paslon yang diinginkan adalah Ganjar Pranowo–Erick Thohir bukan yang lainnya itu langkah tepat,” kata Adi, kemarin.

Baca juga : OSO: Pencapresan Ganjar Sesuai Hati Nurani

Menurut Adi, Erick mampu melaksanakan berbagai tugas yang diberikan Jokowi. Seperti penanggulangan pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, transformasi Kementerian BUMN, hilirisasi sumber daya alam dan penyelamatan dunia sepak bola.

“Dengan mengangkat Erick sebagai cawapres, PAN memiliki interest jika di tahun 2024 memiliki cawapres yang dapat diklaim sebagai bagian dari kepentingan dan kader PAN," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.