Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Once Mekel Hingga Denny Cagur Jadi Caleg PDIP, Hasto: Mereka Punya Kompetensi Yang Kuat

Kamis, 11 Mei 2023 23:17 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menyerahkan dokumen pendaftaran calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (11/5). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat menyerahkan dokumen pendaftaran calon anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (11/5). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftarkan 580 calon anggota legislatifnya (caleg) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (11/5). Dua diantaranya cukup menarik perhatian, yakni Once Mekel dan Denny Cagur. Karena keduanya adalah selebritas yang terbilang baru di dunia politik.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, bukan cuma Once dan Denny, tapi ada 14 caleg yang berlatarbelakang budayawan, seniman, dan artis yang didaftarkan ke KPU sebagai Caleg PDIP

Mereka antara lain; Krisdayanti, Rieke Diah Pitaloka, Rano Karno, Once Mekel, Denny Cagur, Taufik Hidayat Udjo, Marcel Siahaan, Tamara Geraldine, Sari Yok Koeswoyo, Andre Hehanusa, hingga Lucky Perdana. Deretan nama beken ini, sebut Hasto punya kompetensi yang bagus.

Baca juga : Ganjar Jadi Capres PDIP, Golkar Nyatakan Konsisten Calonkan Airlangga

"Memang terbukti memiliki kompetensi sangat kuat," Hasto dalam jumpa pers usai pendaftaran, Kamis (11/5).

Meskipun datang dari kalangan selebritas, Hasto mengatakan bahwa mereka tetap berproses melewati pendidikan kaderisasi partai secara berjenjang.

Bahkan juga ada yang merupakan petahana aktif, yakni anggota DPR saat ini. Seperti Krisdayanti, Rieke Diah Pitaloka, hingga Rano Karno. 

Baca juga : Opung Anies Menjalar Hingga Ke Cicalengka Kabupaten Bandung

"Caleg yang sebagian besar kader telah berproses melalui pendidikan politik dan kaderisasi kepemimpinan secara berjenjang," lanjutnya.

Ia merinci, dari total 580 caleg, sebanyak 380 caleg diantaranya adalah perempuan atau 33 persen. Ada juga 73 akademisi dan 17 orang dari TNI Polri Purnawirawan.

Hasto menekankan bahwa PDIP telah melakukan kaderisasi secara sistemik, termasuk dari kalangan muda di bawah usia 45 tahun yang menyumbang sekitar 48 persen dari jumlah caleg yang didaftarkan.

Baca juga : Kampus Mengajar Jadi Solusi Pengembangan Kompetensi Dasar Mahasiswa

Untuk diketahui, PDIP merupakan partai politik ketiga yang mendaftarkan caleg DPR-RI ke kantor KPU RI. Dua partai sebelumnya adalah PKS dan Hanura.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.