Dark/Light Mode

Kampus Mengajar Jadi Solusi Pengembangan Kompetensi Dasar Mahasiswa

Senin, 20 Februari 2023 11:52 WIB
Foto: Humas Kemendikbudristek.
Foto: Humas Kemendikbudristek.

RM.id  Rakyat Merdeka - Investasi sumber daya manusia (SDM) merupakan sebuah hal penting. Jika pemimpin daerah menyadari pentingnya investasi pendidikan, maka SDM unggul semakin mudah tercipta.

Pernyataan tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (Dirjen Paudasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) Iwan Syahril. 

Ia menyebut, gotong royong dibutuhkan untuk mewujudkan Indonesia maju di masa mendatang. Dengan bersama-sama membangun SDM unggul melalui kebijakan Kampus Mengajar, kompetensi SDM akan semakin matang jika diasah melalui kerja nyata di lapangan.

Baca juga : Kampus Mengajar Beri Pengalaman Berharga Bagi Mahasiswa Non Kependidikan

“Pengalaman adalah pembelajaran terbaik. Experience learning adalah model dan modal pembelajaran yang memperkaya kompetensi individu,” terangnya, dalam keterangan tertulis, Minggu (19/2). 

"Dengan Kampus Merdeka mahasiswa dapat merasakan proses pembelajaran di luar text book,” imbuh Iwan.

Ia menyebut, hasil Asesmen Nasional (AN) Kemendikbudristek 2021 menunjukkan bahwa satu dari dua peserta didik di Indonesia belum mencapai kompetensi minimum literasi. Sementara dua dari tiga peserta didik tersebut belum mencapai kompetensi minimum untuk numerasi.

Baca juga : Pembayaran Polis Tertunda, Manajemen Bumiputera Minta Maaf

Dengan demikian, lanjut dia, meski sebagian anak Indonesia bersekolah tetapi masih banyak di antara mereka yang belum memiliki kesempatan untuk mengembangkan kompetensi dasar yang diperlukan di masa depan.

“Penugasan mahasiswa Kampus Mengajar akan dapat menjadi rantai penghubung dalam pengembangan keilmuan di kampus, sekolah, dan masyarakat,” ungkapnya. 

Iwan meminta mahasiswa untuk dapat beradaptasi dan berkolaborasi, merefleksikan sistem pembelajaran yang efektif sesuai karakter dan kebutuhan satuan pendidikan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.