Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PKB Ancam Gerindra Akan Evaluasi Koalisi

Anies Dan Muhaimin Sehati Soal Vespa

Jumat, 9 Juni 2023 08:00 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: Antara)
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Poros koalisi pendukung Anies Baswedan dan koalisi pendukung Prabowo Subianto kini tengah bergejolak gegara urusan cawapres. Demokrat akan evaluasi dukungan ke Anies, begitu juga PKB yang tebar ancaman ke Prabowo. Di tengah kemelut itu, justru Anies dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar pamer kekompakan. Vespa lah yang membuat Anies dan Muhaimin jadi sehati.

Gejolak yang terjadi di internal Koalisi Perubahan pendukung Anies telah menular ke poros Gerindra-PKB. Sikap Prabowo yang menggantung nasib Imin-sapaan Muhaimin, sebagai cawapres, membuat PKB tebar ancaman. PKB ancam akan evaluasi dukungan ke Prabowo bila bosnya itu, tidak ditetapkan sebagai cawapres sampai akhir bulan ini.

Ancaman itu disampaikan Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Dia bilang, selama ini PKB sudah cukup lama menunggu kepastian dari Prabowo soal nasib Cak Imin. Sementara di kalangan kiai, kata dia, sudah berulang kali mendesak agar duet Prabowo-Imin segera diumumkan.

Baca juga : Pemerintah Diminta Evaluasi Perpanjangan Izin Kontrak Vale

“Ini saya mendapat masukan juga dari beberapa tokoh, ulama, dan kiai di PKB mohon segera diputuskan saja. Sarankan ke Pak Muhaimin segera putuskan di Juni. Kalau enggak ya dinetralkan lagi saja, begitu,” tegas Gus Jazil-sapaannya, kemarin.

Wakil Ketua MPR ini menolak, bila pernyataannya itu dianggap mendikte Prabowo. Menurutnya, apa yang disampaikan ini hanya meneruskan pesan para kiai yang disampaikan lewat Cak Imin. Bahkan pesan itu telah disampaikan para kiai sejak Lebaran Idul Fitri lalu.

“Sekarang udah Lebaran Qurban. Jadi nunggu Lebaran apa lagi? Lebaran ibu hamil apa selesainya? Nggak ketemu nanti,” jelas dia, mengingatkan Prabowo.

Baca juga : Urusan Cawapres Bikin Koalisi Anies Rawan Retak

Namun, dia tetap menyerahkan hasil akhirnya pada Prabowo dan Imin. Sebab, sesuai kesepakatan, keputusan capres-cawapres memang berada di tangan Prabowo dan Cak Imin selaku ketua umum parpol.

“Ya, tunggu saja keputusan Cak Imin dan Pak Prabowo,” tandasnya.

Di tengah ancaman yang dilontarkan anak buahnya, Cak Imin justru melakukan manuver di media sosial. Lewat akun Twitternya @cakimiNOW, bos PKB itu menunggah video singkat soal hobinya yang sama dengan Anies Baswedan tentang vespa.

Baca juga : Disambut Histeris Warga Cirebon, Ganjar Lari Pagi Dan Makan Nasi Jamblang

Dalam video yang tidak sampai 1 menit itu, Wakil Ketua DPR itu membedah soal vespa miliknya dengan yang dimiliki Anies. Vespa keduanya jenis vespa klasik yang diklaim memiliki nila sejarah bagi keduanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.