Dark/Light Mode

Bappilu Demokrat: Survei Indopol Tidak Mencerminkan Realitas, Kami Tetap Optimis

Kamis, 22 Juni 2023 14:55 WIB
Anggota Badan Pemenangan Pemilu Bappilu DPP Partai Demokrat Anis Fauzan (Foto: Ist)
Anggota Badan Pemenangan Pemilu Bappilu DPP Partai Demokrat Anis Fauzan (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat menanggapi hasil survei terbaru dari lembaga Indopol Survey and Consulting yang menunjukkan penurunan elektabilitas partai berlambang bintang mercy ini.

Menurut Demokrat, survei Indopol tidak mencerminkan realitas di lapangan dan tidak mempengaruhi optimisme partai untuk menghadapi Pemilu 2024.

Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat Anis Fauzan mengatakan bahwa hasil survei Indopol tidak selaras dengan hasil survei lembaga lain.

Baca juga : PPIH Arab Saudi Berkomitmen Berikan Pelayanan Terbaik

Seperti, Litbang Kompas, Charta Politika, Indo Barometer, dan SMRC, yang menunjukkan elektabilitas Partai Demokrat cukup tinggi.

Dalam survei Litbang Kompas misalnya, Partai Demokrat berada di posisi ketiga, setelah PDIP dan Gerindra.

“Ini membuat kami bertanya-tanya terkait metodologi yang dipakai dalam survei Indopol. Sehingga ini kami tidak bisa menjadikan ini sebagai acuan. Dan kami juga berharap publik tidak secara mentah-mentah menelan data temuan survei tanpa melakukan komparasi dan penelusuran lebih jauh. Karena bisa saja hasil survei tidak sesuai dengan realitas yang sebenarnya terjadi,” kata Anis dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Kamis (22/6).

Baca juga : Tidak Menular Ke Manusia, Tapi Harus Tetap Waspada

Anis menambahkan, Partai Demokrat memiliki data internal yang berbeda dengan hasil survei Indopol.

Elektabilitas Partai Demokrat dalam data internal justru meningkat seiring dengan kinerja dan kontribusi partai di berbagai bidang.

“Data internal kami menunjukkan bahwa elektabilitas Partai Demokrat saat ini berada di angka 12 persen, naik dari 10 persen pada Januari 2023. Kami juga mendapat dukungan dan simpati dari berbagai kalangan, termasuk tokoh-tokoh nasional, organisasi kemasyarakatan, dan pemuda-pemudi, khususnya para pendukung mas AHY sebagai Ketum dan simbol tokoh muda Indonesia,” beber Anis.

Baca juga : Survei Poltracking: Erick Thohir, Cawapres Dengan Elektabilitas Tertinggi

Anis juga menegaskan bahwa Partai Demokrat tidak terpengaruh oleh hasil survei Indopol. Ia menyatakan bahwa partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini tetap optimis dan percaya diri untuk meraih suara maksimal pada Pemilu 2024.

“Partai Demokrat tidak gentar dan tidak goyah oleh survei-survei yang tidak obyektif dan tidak kredibel. Kami tetap fokus pada agenda-agenda strategis untuk memperjuangkan kepentingan rakyat dan bangsa. Kami yakin bahwa rakyat akan memilih Partai Demokrat sebagai partai pilihan mereka pada Pemilu 2024,” tegas Anis.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.