Dark/Light Mode

PAN Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H Untuk Warga Muhammadiyah

Selasa, 27 Juni 2023 23:59 WIB
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Ist)
Ketum PAN Zulkifli Hasan (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memberikan ucapan selamat hari raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 M kepada warga Muhammadiyah yang merayakan pada, Rabu (28/6).

Dalam kesempatan itu, Zulkifli Hasan juga mengajak agar perayaan Idul Adha 1444 Hijriah ini dimaknai dalam konteks tasamuh yakni toleransi dan ukhuwah islamiyah, atau persaudaraan islam.

Baca juga : Ini Daftar Lokasi Sholat Idul Adha Untuk Warga Muhammadiyah di Jakarta Besok

“Ucapan yang sama juga ditujukan bagi warga masyarakat yang berhari raya bersama dengan Muhammadiyah. Perayaan Idul Adha ini harus dimaknai dalam konteks tasamuh (toleransi) dan ukhuwah islamiyah (persaudaraan Islam),” kata Zulkifli Hasan, Selasa (27/6) malam.

Zulkifli Hasan juga menilai, perbedaan hari raya Idul Adha 1444 H merupakan hal yang lumrah dan sudah sering terjadi di Indonesia. Karena itu dia meminta perbedaan itu tak perlu dibesar-besarkan.

Baca juga : Sah! Pemerintah Tambah 2 Hari Cuti Bersama Hari Raya Idul Adha

"Sejalan dengan itu, perayaan idul Adha harus didasari atas sikap toleransi dan persaudaraan. Persaudaraan di antara sesama umat Islam sangat diperlukan dalam membangun peradaban yang lebih baik. Umat Islam Indonesia harus mampu bersaing dan berdiri sejajar dengan umat Islam negara lain,” jelas Zulkifli Hasan.

Menteri Perdagangan atau Mendag RI ini turut mengapresiasi keputusan pemerintah yang menyetujui usulan Muhammadiyah agar cuti bersama ditetapkan dari tanggal 28-30 Juni 2023.

Baca juga : Puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah Hari Apa? Ini Versi Kemenag Dan Muhammadiyah

Zulkifli Hasan menilai, hal itu merupakan keputusan yang sangat baik. Sebab, seluruh komponen masyarakat dapat merayakan idul Adha sesuai dengan keyakinan dan perhitungannya masing-masing.

"Keputusan ini sekaligus menunjukkan bahwa pemerintah sangat menghargai perbedaan yang ada di masyarakat. Sikap pemerintah ini harus dipertahankan ke depan. Ini adalah teladan yang perlu dicontoh oleh seluruh masyarakat," tandas Zulkifli Hasan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.