Dark/Light Mode

Bidik 18 Kursi DPRD Jatim

PKS Sudah Petakan Kekuatan Semua Dapil

Rabu, 5 Juli 2023 07:45 WIB
Ketua DPW PKS Provinsi Jatim, Irwan Setiawan. (Foto: Dok. DPW PKS Jatim)
Ketua DPW PKS Provinsi Jatim, Irwan Setiawan. (Foto: Dok. DPW PKS Jatim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Provinsi Jawa Timur (Jatim) optimistis meraih hasil maksimal di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Bahkan, partai berlambang Bulan Sabit Kembar ini menargetkan penambahan 14 kursi DPRD Provinsi Jatim, dan mendudukkan kader di kursi pimpinan Dewan.

Ketua DPW PKS Provinsi Jatim, Irwan Setiawan mengatakan, pihaknya menargetkan 18 kursi Dewan pada Pileg 2024. Menurutnya, penambahan 14 kursi di DPRD Provinsi Jatim realistis untuk dicapai, karena DPW PKS telah melakukan pemetaan kekuatan di seluruh daerah pemilihan (dapil), serta me­nempatkan kader-kader terbaik untuk menambah pundi-pundi kursi di Pileg mendatang.

“Intinya, kami akan memaksimalkan seluruh potensi suara yang di semua dapil. Kami telah melakukan evalusi hasil pertarungan sebelumnya, melakukan pemetaan kekuatan, dan menyiapkan strategi yang tepat untuk meningkatkan perolehansuaradan kursi Dewan,” ujar Kang Irwan, sapaan Irwan Setiawan di Surabaya, Jatim, kemarin.

Baca juga : Kemnaker Gelar Program Perluasan Kesempatan Kerja Di Papua

Lebih lanjut, ia menguraikan, sejumlah dapil yang memiliki potensi untuk mendulang suara secara maksimal. Di antaranya, dapil 1 (Kota Surabaya), dapil 2 (Kabupaten Sidoarjo) dan Dapil 3 (Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan).

Selain itu, sambung dia, partainya juga akan memaksimalkan suara di dapil 5 (Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang), dapil 6 (Kabupaten Malang, Kota Malang, Kota Batu), dan dapil 8 ( Kota Kediri, Kabupaten Kediri). “Di dapil 5 kami menargetkan tar­get tiga kursi, kemudian di dapil 6 kami menarget dua,” imbuhnya.

Selain dapil-dapil tersebut, lanjutnya, pihaknya juga optimis mendapat tambahan kursi Dewan. Namun, ia enggan mengungkap­kan lebih lanjut karena hal itu berkaitan dengan strategi peme­nangan partai. “Kalau diung­kap semua, strategi kami bocor dong,” kilahnya.

Baca juga : Balik Ke Persija, Simic Mau Macan Kemayoran Mengaum Di AFC

Terpisah, Sekretaris DPW PKS Provinsi Jatim, Ahmadi mengatakan, pihaknya telah mendaftarkan 120 orang kader untuk maju di Pileg 2024. Ia memastikan, nama-nama yang didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jatim merupakan kader-kader terbaik, dan berasal dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda.

“Kami juga memprioritaskan kader-kader perempuan dalam perburuan kursi DPRD Provinsi Jatim. Bakal calon anggota legislatif (caleg) perempuan PKS sebanyak 44 orang atau 37 pers­en dari jumlah keseluruhanbakal caleg. Bahkan, ada yang menem­pati urutan nomor 1 di Dapil 1 Surabaya,” ujar Ahmadi.

Selain itu, tambah dia, DPW PKS Provinsi Jatim juga mencer­mati banyaknya jumlah pemilih pemula atau pemilih milenial di Pileg 2024 nanti, sehingga mem­beri porsi besar bagi bakal caleg dari kalangan milenial.

Baca juga : Terinspirasi Ganjar, GGN Jatim Gelar Workshop Pertanian Dan Doa Bersama Di Ngawi

“Sebagai strategi pemenangan, PKS juga banyak mengusung bakal caleg dari kalangan milenialdi seluruh level DPRD. Di DPRD Provinsi Jatim, ada 41 orang bakal celeg milenial atau 34 persen dari jumlah keseluru­han bakal caleg yang kami daftarkan,” tandasnya.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.