Dark/Light Mode

Luhut Nyatakan Siap Jadi Ketum

Beringin Goyang

Rabu, 26 Juli 2023 08:00 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satu-persatu, tokoh Golkar mengutarakan keinginannnya maju sebagai calon ketua umum (Caketum). Setelah Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Menteri Investasi/Kepala Badan Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, kini giliran Luhut Binsar Pandjaitan yang menyatakan siap jadi Caketum Golkar. Kalau Luhut sudah bersuara, apakah beringin masih tetap kokoh atau bakal goyang? Kita lihat saja.

Kesiapan Luhut sebagai Caketum Golkar disampaikan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura-Kura Bali, di Denpasar Selatan, Bali, kemarin. Luhut yang ditanya soal keinginannya maju sebagai Ketum Golkar, tanpa ragu-ragu menjawab “siap”.

“Kalau kader mendukung, mau. Saya siap,” ungkap Luhut.

Baca juga : Bahlil Isyaratkan Siap Jadi Caketum Golkar

Namun, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi ini membantah, bila kesiapannya maju jadi Caketum Golkar bukan karena ada masalah dengan Airlangga Hartarto, Ketum Golkar saat ini. Ia memastikan hubungannya dengan Airlangga baik-baik saja.

Mantan komandan jenderal Kopassus itu menganggap Airlangga sebagai teman baiknya. Terlebih, keduanya merupakan seorang menteri koordinator yang diamanahkan Presiden Jokowi di Kabinet Indonesia Maju.

“Saya dan Pak Airlangga itu teman. Kami sama-sama di kabinet untuk membantu Pak Jokowi,” tegas Ketua Dewan Penasihat Golkar ini.

Baca juga : Beringin Didukung Demokrat

Soal kesiapan, Luhut mengaku sempat didatangi sejumlah kader senior partai berlambang pohon beringin. Namun, ia enggan membeberkan siapa saja politisi senior Golkar yang dimaksud.

Lagipula, Luhut yakin betul partai sekaliber Golkar memiliki mekanisme sendiri untuk menyelesaikan persoalan internal, termasuk pergantian ketua umum. “Saya sih menunggu saja. Tidak ada juga kepentingan yang menggebu-gebu di situ,” ucapnya.

Untuk diketahui, isu Munaslub yang dihembuskan sejumlah tokoh senior Golkar hingga saat ini masih sepi dukungan. Para pimpinan DPD Golkar di daerah belum ada yang menyatakan dukungan untuk digelar Munaslub. Sejumlah Ketua DPD Golkar justru menyatakan saat ini partainya solid dan tengah fokus pada Pemilu 2024, baik Pilpres maupun Pemilu Legislatif (Pileg).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.