Dark/Light Mode

Dukung Legacy Jokowi

PAN Masih Mikir Merapat Ke Ganjar Atau Prabowo

Sabtu, 5 Agustus 2023 07:30 WIB
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. (Foto: dpr.go.id)
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi. (Foto: dpr.go.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Amanat Nasional (PAN) akan melabuhkan dukungannya terhadap bakal Calon Presiden (Capres) yang disebut-sebut representasi Jokowi. Yakkni Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto.

Dengan demikian, partai yang dikomandoi Zulkifli  Hasan (Zulhas) ini menggaransi akan melanjutkan program-program bagus Pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

“Prinsipnya, kami akan bekerja sama dengan partai politik koalisi pemerintah," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, mesin politik PAN sedang on fire menyambut Pemilu 2024. Saat ini, berbagai program untuk membantu masyarakat berbasis pembangunan sosial untuk masa depan terus digencarkan.

Baca juga : Soal Dukungan Ke 1 Capres, Jokowi: Tanya Gibran, Gibran: Tanya Jokowi

Hal ini sesuai dengan visi misi partai untuk mendorong bangsa ini menjadi lebih baik.

Hal senada disampaikan Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo. Meski sinyal dukungan PAN sudah mengarah ke koalisi pendukung Pemerintah, namun belum bisa dipastikan apakah diberikan kepada Ganjar atau Prabowo. “Belum,” ujar Eko kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Meski begitu, Eko memastikan, partainya akan bekerja keras memenangkan Pemilu 2024. Terlebih, PAN kini mendapatkan elektabilitas baik di survei terkini Indonesia Political Opinion (IPO) medio 5-13 Juni 2023, partainya diprediksi meraih elektabilitas 5 persen.

Anggota Komisi VI DPR ini berkelakar, di Pemilu 2019 banyak lembaga survei yang memprediksi PAN tidak lolos ambang batas parlemen sebesar empat persen, tapi nyatanya meleset. Menurutnya, ini tidak lepas dari hasil kinerja Zulhas.

Baca juga : Lembaga Survei Australia: Ganjar Ungguli Prabowo Dan Anies

Dikatakan, Zulhas rajin turun gunung mengunjungi kader partai sampai ke tingkat ranting.

Selain itu, di bawah komando Zulhas, PAN selalu menjemput bola menampung aspirasi tokoh maupun organisasi masyarakat. Misalnya, terhadap ormas Muhammadiyah. PAN, terus berupaya lebih dekat lagi dengan organisasi yang melahirkan partainya itu.

Perkembangan media, lanjutnya, juga turut membuat PAN menjadi populer di kalangan anak muda, yang merupakan pemilih yang mendominasi pada Pemilu 2024. "Ini saling sinergi satu sama lain," katanya.

Suami dari Viona Rosalina itu mengajak seluruh kader PAN lebih rajin lagi turun ke basis massa untuk menyerap aspirasi dan juga membantu masyarakat.

Baca juga : Partai Ummat: Desain Baju dari Jokowi Hanya Membuat Rugi Ganjar Pranowo

Misalnya, ketika Covid-19 melanda, PAN membantu anak-anak sekolah yang ketika itu melakukan pembelajaran secara daring dengan memberikan paket kuota gratis.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 5/8/2023 dengan judul Dukung Legacy Jokowi, PAN Masih Mikir Merapat Ke Ganjar Atau Prabowo

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.