Dark/Light Mode

Ketum KNPI Putri Khairunnisa: Tanam Pohon, Bentuk Deklarasi Peduli Lingkungan

Rabu, 9 Agustus 2023 19:46 WIB
Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia KNPI Putri Khairunnisa tengah bersama jajaran Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian Itjen Kementan dan Kelompok Cipayung melangsungkan gerakan penanaman pohon di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (9/8). (Foto: Ist)
Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia KNPI Putri Khairunnisa tengah bersama jajaran Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian Itjen Kementan dan Kelompok Cipayung melangsungkan gerakan penanaman pohon di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (9/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Putri Khairunnisa bersama jajaran Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian (Itjen Kementan) dan Kelompok Cipayung melangsungkan gerakan penanaman pohon di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dilaksanakan seusai dialog jaga pangan, lokakarya, dan kegiatan sosial menyalurkan bantuan kepada kelompok tani.

Kata Khairunnisa, sapaan akrab Putri Khairunnisa, penanaman pohon secara gotong royong penting sebagai wujud gerakan peduli alam.

“Kita masih ingat pertemuan multistakeholders terbesar di Bali pada Mei lalu, mereka tanam pohon bakau. Aksi ini mencerminkan Indonesia teguh menjaga kondisi lingkungan,” kata Khairunnisa, Rabu (9/8).

Baca juga : Relawan PMP Deklarasi Dukung Prabowo

Menurut Khairunnisa, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan yang sehat, asri, sejuk, membuat tanah subur, dan juga agar daerah terhindar dari risiko bencana.

“Jadi ini bentuk deklarasi peduli lingkungan, harapan saya ini menjadi daya tarik agar kita semua menjadi duta lingkungan,” tegasnya.

Perempuan yang juga mantan Putri Pariwisata Nusantara ini beranggapan saat ini bumi tengah diintai polusi dan cuaca ekstrem el nino.

Untuk itu, dia mengajak kepedulian elemen pemuda serta masyarakat berpartisipasi aktif terhadap upaya pelestarian lingkungan.

Baca juga : Santri Ganjar Gelar Pelatihan Kewirausahaan Dan Tanam Bibit Pohon Di Hulu Sungai Tengah

“Saya pastikan menanam dan merawat pohon, ini salah satu aksi jaga kedaulatan pangan. Karena pohon adalah paru-paru bumi, sehingga ladang-ladang yang petani bercocok tanam, bisa subur atau terhindar dari cuaca panas ekstrem,” jelas dia.

Lebih lanjut, Khairunnisa memuji langkah Itjen Kementan yang dipimpin Jan Samuel Maringka dengan menggandeng KNPI dan organisasi kemasyarakatan pemuda Kelompok Cipayung dalam program menjaga pangan.

"Kolaborasi antara Kementerian Pertanian dan DPP KNPI ini memberikan contoh konkret tentang bagaimana sinergi lintas sektor dapat menghasilkan dampak positif bagi masyarakat," paparnya.

Selain tanam pohon, sebanyak 500 kilogram pupuk disalurkan kepada petani. Bantuan pupuk tersebut didapat dari hasil kolaborasi antara Kementerian Pertanian, DPP KNPI dengan PT. Pupuk Indonesia.

Baca juga : Kaum Muda Pecinta Lingkungan Tuban Deklarasi Dukung Muhaimin Di Pilpres 2024

“Melalui organisasi kepemudaan, kita sudah salurkan pupuk sebanyak 500 kg kepada para petani,” tutup dia. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.