Dark/Light Mode

Kaum Muda Pecinta Lingkungan Tuban Deklarasi Dukung Muhaimin Di Pilpres 2024

Selasa, 27 Juni 2023 20:59 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesadaran generasi muda terhadap peran dan keterlibatan dalam dunia politik semakin meningkat.

Mereka pun mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) sebagai Presiden dalam Pilpres 2024.

Aksi kaum pemuda pencinta lingkungan dalam mendeklarasikan dukungan kepada Gus Imin sebagai Presiden 2024 ini cukup unik.

Mereka melakukan aksi bersih-bersih pantai di kawasan Mangrove Centre Tuban, sebelum membacakan pernyataan dukungan untuk cicit salah satu pendiri NU KH Bisri Syansuri tersebut.

“Kami memahami terkadang kaum muda malas untuk cawe-cawe persoalan politik, namun kami sadar jika kita tidak terlibat dalam politik sama sekali maka kami hanya menjadi penonton saja. Maka kami dengan sadar menyatakan dukungan kepada Gus Imin sebagai Presiden dalam Pilpres 2024 nanti,” ujar Koordinator Kaum Muda Pencinta Lingkungan Tuban, Malik, di sela aksi bersih pantai di Mangrove Centre, Tuban, Selasa (27/6).

Baca juga : Kopdar, Petani-Nelayan Trenggalek Sepakat Dukung Muhaimin Nyapres Di 2024

Malik mengungkapkan keyakinannya bahwa Gus Imin adalah sosok pemimpin yang peduli dengan pembangunan yang berkelanjutan.

Para pemuda asli Tuban ini pun berharap, Gus Imin benar-benar maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024.

"Gus Imin mempunyai komitmen kuat dalam menyikapi persoalan lingkungan di Tanah Air. Bahkan Gus Imin secara langsung ikut konferensi internasional terkait penanggulangan dampak perubahan iklim di Madrid, Spanyol, beberapa waktu lalu," bebernya.

Dia menilai, saat ini Indonesia dan dunia menghadapi berbagai masalah penurunan kualitas lingkungan hidup.

Ironisnya, permasalahan tersebut tidak hanya karena faktor alam tetapi juga karena keserakahan manusia.

Baca juga : Media Asing Sebut Jokowi Cenderung Dukung Prabowo Di Pilpres 2024

Di antaranya, adanya alih fungsi hutan secara serampangan, termasuk PP No. 26 Tahun 2023 tentang ekspor pasir laut yang meresahkan pecinta lingkungan.

"Situasi ini memicu berbagai dampak buruk seperti kian tingginya intensitas bencana hidrometeorologi, terjadinya krisis air, kekeringan ekstrim, hingga tidak menentunya kondisi cuaca yang menyulitkan petani dan nelayan," bebernya. 

Malik meyakini, Gus Imin akan memberikan solusi menarik terkait berbagai tantangan krisis lingkungan yang saat ini terjadi.

Menurutnya, dengan pengalaman panjang Gus Imin, baik di level eksekutif maupun legislatif akan memudahkan opsi-opsi lahirnya kebijakan yang pro kelestarian alam.

"Gus Imin adalah seorang nahdliyin tulen yang memegang prinsip Rahmatan Lil Alamin untuk menjaga arah pembangunan Indonesia yang lebih maju, inklusif, berkelanjutan, dan mempertimbangkan kelestarian lingkungan," ucapnya.

Baca juga : Solidaritas Merah Putih Dukung Kaesang Maju Di Pilkada Depok 2024

Kegiatan ini berlangsung hingga sore hari dan mendapatkan apresiasi dari pemilik Yayasan Mangrove Centre Tuban, H. Ali Manshur.

Dia sangat gembira melihat banyaknya pemuda yang peduli terhadap lingkungan dan turut mendoakan agar Gus Imin bisa menjadi Presiden pada tahun 2024 mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.