Dark/Light Mode

Jika 3 Paslon, Yusril Yakin Prabowo Masuk Putaran 2

Minggu, 27 Agustus 2023 13:08 WIB
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di acara konsolidasi pemenangan Pemilu 2024, di Makassar, Sabtu (26/8). Foto: Istimewa
Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra di acara konsolidasi pemenangan Pemilu 2024, di Makassar, Sabtu (26/8). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra memprediksi, jika Pilpres 2024 diisi tiga pasangan calon, maka Capres Prabowo Subianto bakal lolos ke putaran kedua.

Keyakinan ini, disampaikan Yusril di acara konsolidasi pemenangan Pemilu 2024, di Makassar, (26/8).

“Dari tiga pasangan Capres yang maju, Insya Allah kalkulaksi PBB, Prabowo akan masuk ke putaran kedua,” ujar Yusril melalui keterangan tertulis kepada RM.id, Minggu (26/8).

Pernyataan ini, disampaikan Yusril di acara Konsolidasi Pemenangan Pileg dan Pilpres di Zona 1. Meliputi Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, dan Maluku Utara.

Di acara itu, Yusril memprediksi kontestasi Pilpres 2024 akan diikuti 3 Capres. Yaitu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Prediksinya, Prabowo, selaku Capres jagoan PBB bakal lolos putaran ke dua. Kemudian, siapapun kubu yang kalah di putaran pertama bakal mengalihkan dukungan untuk Prabowo di putaran final.

Baca juga : Pecat Pegawai KAI, Politisi PPP Yakin Erick Mampu Perangi Radikalisme

“Tapi yang jelas calon yang kalah akan bergabung ke Pak Prabowo,” tegasnya.

“Jika sejak awal hanya ada 2 paslon, berarti ada paslon yang ketiga yang gagal. Pengikut yang gagal ini akan lari ke mana? Kami kalkulasi, tidak mungkin lari ke sebelah, pasti lari ke Pak Prabowo. Jadi dari segala kalkulasi rasional Pak Prabowo punya potensi untuk menang,” tambahnya.

Yusril menghimbau, seluruh skuadnya untuk berhubungan baik dengan partai koalisi pendukung Capres Prabowo.

“Jangan sampai terjadi tabrakan, karena kita punya kepentingan. Kita harus saling memperkuatkan satu sama lain,” semangatnya.

Mengenai wakil presiden, Yusril menyerahkan sepenuhnya kepada Prabowo. Siapa pun yang dipilih oleh Prabowo, mungkin perimbangan kekuatan, perpaduan Islam-Nasionalis, Jawa-luar Jawa, militer-sipil, menurut Yusril itu juga faktor-faktor yang cukup berpengaruh dalam Pilpres.

“Prabowo sudah 2 kali maju jadi capres dan belum berhasil. Tapi kali ini dengan dukungan bersama, Insya Allah sekali ini Prabowo akan memenangkan pertarungan Pilpres,” kata Yusril yang disambut tepuk tangan meriah dari peserta yang hadir.

Baca juga : Mega Berusaha Nggak Panik

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Afriansyah Noor mengungkapkan ketika Ketum PBB dan seluruh DPW bersepakat memberi dukungan kepada Prabowo Subianto menjadi capres, bertambahlah semangat PBB untuk menang.

“Mendukung Prabowo dampaknya seribu persen ke PBB. Artinya apa, ketika kita memberikan dukungan ke Prabowo, seluruh jajaran partai mulai dari DPP, DPW, DPC, hingga ranting siap memenangkan PBB bersama capres Prabowo,” kata Afriansyah.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan ini menilai Prabowo adalah sosok pemimpin yang bisa diajak dialog dan komunikasi. Ketegasan beliau merupakan harapan maju untuk Indonesia menjadi negara besar.

“Kami optimistis Prabowo menang. Mengenai sosok cawapres, PBB menawarkan Prof Yusril, beliau adalah tokoh bangsa, pakar hukum dan tata negara, tidak ada cacat hukum. Pasangan Prabowo-Yusril sudah cocok itu,” harapnya.

Sementara, Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan PBB adalah partai koalisi yang menurut pihaknya paling cepat dalam memperlihatkan sikap dan kerja nyata dan langsung mengadakan konsolidasi dalam rangka pemenangan Prabowo sebagai presiden.

“Kami meyakini dengan kepemimipinan Bang Yusril, kader-kader PBB yang militan akan menjadi pemberi semangat tambahan bagi Gerindra untuk memenangkan Prabowo,” kata Andi dalam pidato politiknya.

Baca juga : Yusril Sarankan Prabowo Pilih Cawapres Pendongkrak Kemenangan

“Tadi kami mendengarkan bahwa Bang Yusril tidak pernah salah pilih, selalu ada di tempat yang benar. Ini merupakan satu keyakinan bagi kami para kader Gerindra dengan kehadiran Bang Yusril, Pak Prabowo insya Allah akan meraih kemenangan dalam kontestasi pilpres,” tambahnya.

Diketahui, kegiatan ini berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton Makassar, Sabtu (26/8). Acara ini dihadiri Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Sekjen Afriansyah Noor, para elit DPP-PBB, Ketua DPW PBB di Zona 1, hingga pengurus DPC PBB se-Sulawesi, se-Maluku, dan Maluku Utara.

Selain itu, hadir juga Ketua DPD Gerindra Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan Andi Iwan Darmawan Aras berserta jajaran dan perwakilan Partai Golkar, PKB, dan PAN. Serta 3.500 kader PBB yang hadir dalam konsolidasi  tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.