Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dipastikan Kader PDIP Tulen

Jokowi Mustahil Dukung Prabowo

Sabtu, 29 Juli 2023 07:40 WIB
Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno. (Foto: dok. DPR RI)
Politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno. (Foto: dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDI Perjuangan (PDIP) tidak mau dianggap berebutan dukungan Presiden Jokowi dengan Partai Gerindra di Pilpres 2024. Sebab, sebagai kader Banteng, orang nomor satu di Indonesia itu dipastikan mendukung Capres partainya.

“Pak Jokowi adalah salah satu kader terbaik partai,” ujar politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Oleh karena itu Anggota Komisi XI DPR itu tak peduli, sekalipun publik, politisi Partai Gerindra, hingga lembaga survei menyimpulkan Jokowi akan mendukung Prabowo Subianto di Pemilu mendatang.

Baca juga : PPP Yakin Capres Pilihan Jokowi Adalah Ganjar

Dijelaskan, Jokowi merupakan kader PDIP. Karier politiknya, mulai dari Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden, berjuang bersama PDIP. Artinya, ikatan tersebut ti­dak terpisahkan. Termasuk ketika menyambut Pemilu 2024.

Intinya, kata Hendrawan, penegasan para kader bahwa Jokowi bersama partainya itu agar tidak ada dinamika politik di basis massa PDIP.

“Kami hanya berjaga-jaga agar dansa-dansa politik yang dipertontonkan pihak-pihak ter­tentu, tidak menimbulkan efek kebinggungan atau distorsi di tingkat akar rumput,” katanya.

Baca juga : Jokowi Sedang Fokus Dukung Satu Capres

Baginya, wajar jika kontestan Pemilu 2024 saat ini berebut kedekatan dengan Presiden atau persepsi didukung petahana selalu dimaknai sebagai keunggulan menuju kontestasi pesta demokrasi.

“Efek ekor jas petahana diang­gap penting di tengah elektabili­tas calon yang bersaing ketat,” tutupnya.

Diketahui, PDIP menjagokan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024. Poros PDIP ini didukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Hanura. Hingga kini belum diputuskan siapa Cawapresnya, Ganjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.