Dark/Light Mode

Takkan Bikin Koalisi Baru

Demokrat Gabung Kubu Ganjar Atau Prabowo Nih

Kamis, 7 September 2023 07:30 WIB
Wakil Sekjen Partai Demokrat Didik Mukrianto (tengah) saat menjadi narasumber podcast ngegas bersama wartawan Rakyat Merdeka Siswanto (kiri) dan Ujang Sunda (kanan) di Kantor Rakyat Merdeka Jakarta, Selasa (5/9/2023). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Wakil Sekjen Partai Demokrat Didik Mukrianto (tengah) saat menjadi narasumber podcast ngegas bersama wartawan Rakyat Merdeka Siswanto (kiri) dan Ujang Sunda (kanan) di Kantor Rakyat Merdeka Jakarta, Selasa (5/9/2023). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Soal rencana pertemuan SBY dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Didik mengaku par­tainya amat terbuka. "Pasti kami dukung. Bu Mega ibu kita. Pak SBY bapak kita. Saya yakin, akan baik dan lebih mudah bangsa ini berjalan jika para pemimpin bersatu. Yang men­dorong bukan hanya PDIP, kami juga ikut mendorong kebaikan ini," kata bakal Caleg DPR Dapil Jatim IX meliputi Tuban dan Bojonegoro ini.

Dia memastikan, soal koalisi Pilpres, Partai Demokrat akan segera menentukan sikap. Waktu yang relatif pendek ini, akan di­manfaatkan dengan efektif untuk membangun komunikasi. Intinya, tak mungkin Demokrat tidak berkoalisi dan terlibat dalam Pilpres. Pihaknya akan sangat berhati-hati dan ingin calon ko­alisi, punya kesamaan niat.

Baca juga : Gerakan Panrannuangku Ganjar Adakan Lomba Tangkap Bebek

Mengingat pendeknya waktu, dan semakin mengerucutnya peta koalisi, Demokrat pun kini realistis. Kecil kemungkinan ada poros baru seperti prediksi berbagai pihak. "Ya realistis saja. Di luar poros Anies, hanya tinggal dua poros yang realistis akan berlayar. Tak cukup waktu untuk bangun komunikasi poros baru," tuturnya.

Dalam obrolan santai di­pandu dua Redaktur Eksekutif Rakyat Merdeka, Ujang Sunda dan Siswanto yang berlang­sung hampir satu jam ini, Didik banyakbercerita kronologis bergabungnya Demokrat ke KPP, hingga akhirnya berpisah di tengah jalan.

Baca juga : Petani Sawit Deklarasi Dukung Ganjar Pada Pilpres 2024

Demokrat amat kecewa, karena komitmen koalisi yang awal­nya dibangun dengan dasar kesetaraan, kebersamaan, keadilan, dan keterbukaan, telah dikhianati dengan pengingkaran.

Diingatkan, penting men­jaga etika dan moralitas politik. Sebab, politik harus mendidik masyarakat. Tidak melulu soal kekuasaan. Para elite dan calon pemimpin, harus menyajikan moral, etika, integritas, dan nilai-nilai keadaban.

Baca juga : Gabungan Seniman Ganjar Dorong Anak Muda Berani Unjuk Bakat

"Cerahkan publik, jangan tampilkan adegan saling menya­kiti, pengkhianatan dan berebut kekuasaan. Carilah pemimpin yang bukan hanya menguta­makan komestik dan branding. Tetapi yang menjaga moral dan integritas," pesannya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 7/9/2023 dengan judul Takkan Bikin Koalisi Baru, Demokrat Gabung Kubu Ganjar Atau Prabowo Nih

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.