Dark/Light Mode

Ratusan Santri & Kiai Kampung Pekalongan Deklarasi Dukung Prabowo Presiden 2024

Selasa, 29 Agustus 2023 09:00 WIB
Deklarasi Santri Nusantara Bersatu mendukung Prabowo Presiden 2024, di Pekalongan, Senin malam (28/8). (Foto: Istimewa)
Deklarasi Santri Nusantara Bersatu mendukung Prabowo Presiden 2024, di Pekalongan, Senin malam (28/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan santri dan kiai melakukan deklarasi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi presiden di 2024, di Ballroom Hotel The Sidji, Kota Pekalongan, Senin malam (28/8). Acara itu bertajuk Deklarasi Santri Nusantara Bersatu, Dukungan Penuh untuk Prabowo Subianto Presiden RI 2024.

"Kami pendukung dari Bapak Prabowo Subianto, terutama para kiai kampung dan santri santri yang dari Pemalang, Pekalongan, dan Batang," ucap Ketua Umum Santri Nusantara Bersatu Aji Jaya Bintara, seperti keterangan yang diterima redaksi, Selasa (29/8).

Dia menyatakan, deklarasi ini merupakan momen yang pas. Sebab, Selasa (29/8), Kota Pekalongan akan menjadi tuan rumah Muktamar Sufi Internasional.

Baca juga : Partai Gelora Resmi Dukung Prabowo 2 September Di Djakarta Theater

Ia menerangkan, dukungan diberikan karena Prabowo dianggap mampu melanjutkan kepemimpinan Presiden Jokowi. Prabowo juga merupakan tokoh pemersatu bangsa.

Aji menambahkan, Prabowo juga peduli pada generasi muda santri. Buktinya, Menteri Pertahanan itu menjadi Ketua Panitia Muktamar Sufi Internasional yang digelar di Kota Pekalongan. "Beliau juga dekat dengan rakyat," tuturnya.

Aji menyebut, setelah deklarasi, pihaknya akan melakukan aktivasi Santri Nusantara Bersatu ke beberapa wilayah. Pihaknya akan merekrut relawan dari para santri dan membuka struktural di seluruh wilayah. "Targetnya bisa mewakili 38 provinsi. Target mungkin bisa 100 hingga 200 kabupaten/kota di Indonesia," ujarnya.

Baca juga : Relawan Bintang Garuda: Prabowo Petugas Rakyat

Baginya, peran santri bagi kemajuan bangsa. Tidak hanya dari sisi religius, tapi juga dari sisi ekonomi dan sisi kebudayaan.

Koordinator Santri Nusantara Bersatu Kabupaten Pemalang Ali Zaenal Mustaqim menambahkan, Prabowo adalah seorang negarawan. Prabowo tak pernah memiliki dendam. Sikap Prabowo ini telah menjadi teladan bagi Santri Nusantara Bersatu.

"Karena sikap itu bentuk ajaran guru kami. Sikap itu ada di Bapak Prabowo Subianto," kata Ali.

Baca juga : Raja Dan Ratu Di Sulbar Deklarasi Dukung Ganjar, Siap Menangkan Di Pilpres 2024

Ia mengatakan, santri serta kiai kampung tidak masalah berpolitik. Bahkan peran santri pun cukup krusial di kehidupan politik.

Ali menyatakan, pada zaman sekarang, para santri harus melek politik. "Kemudian politik itu dikatakan kotor? Sebenarnya bukan politiknya, tetapi adalah manusianya itu sendiri begitu," jelasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.