Dark/Light Mode

KPK Siap Bantu Susun Materi Debat Capres 2019

Sabtu, 5 Januari 2019 07:57 WIB
Pasangan Capres dan Cawapres Tahun 2019. (Foto: Twitter @KPU-RI)
Pasangan Capres dan Cawapres Tahun 2019. (Foto: Twitter @KPU-RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait debat capres 2019 yang akan digelar 17 Januari mendatang.

Baca juga : Isu Kebudayaan Diusulkan Masuk Materi Debat Capres

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyebut komisi antirasuah akan terlibat langsung dalam penyusunan materi debat untuk diajukan kepada capres dan cawapres. “KPK memutuskan akan terlibat secara substansi dalam rapat-rapat dan pembahasan materi debat yang akan dihadiri oleh para Panelis, Pakar atau ahli yang diundang oleh KPU-RI,” kata Febri lewat pesan singkat, Jumat (4/1).

Baca juga : KPK Sita Rp 55 Juta Dari Pemkab Pakpak Bharat

Nantinya dalam rapat-rapat tersebut, KPK dapat menyampaikan poin-poin krusial yang perlu dibahas dan dimintakan pendapatnya pada para pasangan calon. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan upaya pencegahan tindak pidana korupsi dan agar komitmen pemberantasan korupsi menjadi perhatian semua pihak, terutama para calon pemimpin Indonesia ke depan.

Baca juga : Nyesel Penjarakan Ahok, Maruf Minta Maaf

Namun, apakah pimpinan KPK akan hadir atau tidak hadir pada kegiatan debat pada tanggal 17 Januari 2019, hal itu belum dipastikan. “Hal tersebut masih kami pertimbangkan dengan melihat aspek risiko independensi kelembagaan dan posisi sebagai institusi penegak hukum,” ungkap Febri. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.